Ada Bibit Siklon Tropis 94S, BMKG Prediksi Hujan Merata di 34 Kota

Senin, 14 November 2022 - 23:01 WIB
loading...
Ada Bibit Siklon Tropis 94S, BMKG Prediksi Hujan Merata di 34 Kota
BMKG memprediksi 34 kota besar bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat menyusul adanya bibit siklon tropis 94S. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memantau adannya bibit siklon tropis 94S di sekitar wilayah perairan Indonesia, yang menyebabkan bertumbuhnya awan-awan hujan. Hal ini menyebabkan hujan diprediksi merata terjadi di 34 kota besar di Indonesia pada Selasa, 15 November 2022.

"Terpantau adanya bibit siklon tropis 94S di sekitar wilayah Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu, yang membentuk daerah peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot di barat Sumatera. Dampak bibit siklon tropis tersebut berupa peningkatan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di barat Sumatera dan di Jawa bagian barat, serta meningkatkan ketinggian gelombang laut di Samudera Hindia, Barat Sumatera hingga Selatan Jawa," kata Prakirawan BMKG Yuni Maharani dalam update informasi prakiraan cuaca di akun Instagram @infobmkg, yang dikutip MNC Portal, Senin (14/11/2022).

Maharani melanjutkan, terpantau sirkulasi siklonik di Laut Andaman, Laut Cina Selatan, di Jawa Barat, di Samudera Pasifik Timur Filipina dan di Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau wilayah konvergensi yang memanjang di Laut Andaman, dari Laut Jawa Timur hingga Jawa Barat, di Kalimantan bagian utara, di Maluku Utara hingga Papua Barat dan di Papua, serta daerah pertemuan angin atau yang biasa disebut wilayah konfluens di Samudera Hindia Barat Sumatera.

Baca juga: Dampak Hujan Lebat, 8 Provinsi Ini Bersatus Siaga Potensi Bencana Hidrometeorologi

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di wilayah sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluens tersebut," terangnya.

Maharani mengungkapkan, kondisi ini membuat cuaca di 34 kota besar di wilayah Indonesia diprakirakan hujan. Untuk Sumatera, berpotensi hujan ringan di Bandar Lampung, hujan sedang di wilayah Palembang dan adanya potensi hujan disertai petir terdapat di wilayah Pangkalpinang. Sementara Bengkulu diprediksi berawan dan perlu diwaspadai adanya potensi hujan lebat di wilayah Padang dan potensi hujan disertai petir terdapat di wilayah Jambi.

Baca juga: Viral Fenomena Downburst Hujan Membentuk Air Terjun, Ini Penjelasan BMKG

"Untuk wilayah Tanjungpinang esok hari diprediksi adanya hujan ringan, adanya potensi hujan sedang terdapat di wilayah Medan, hujan disertai petir di Pekanbaru dan Aceh," terangnya.

Untuk Jawa, Maharani menjelaskan, esok hari diprediksi hujan ringan di Serang dan DKI Jakarta, adanya potensi hujan sedang di Bandung. Sementara untuk wilayah Surabaya dan Semarang berpotensi diguyur hujan ringan. Hujan disertai dengan petir berpotensi terjadi di DI Yogyakarta.

Untuk Bali hingga Nusa Tenggara, diprediksi hujan ringan berada di Kupang, hujan sedang Denpasar dan perlu diwaspadai hujan disertai petir di wilayah Mataram. Di Kalimantan, diprediksi hujan ringan di Palangkaraya, Pontianak dan juga Banjarmasin, dan adanya potensi hujan disertai petir di Tanjung Selor dan Samarinda.

Sementara wilayah Sulawesi esok hari hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Gorontalo, Palu, Makassar, Kendari, dan Manado. Serta potensi hujan lebat di Mamuju. "Untuk Indonesia bagian timur esok hari diprediksi hujan ringan di wilayah Jayapura dan Manokwari, hujan sedang di Ambon dan Ternate," tandasnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3485 seconds (10.177#12.26)