Datangi Bandara I Gusti Ngurah Rai, Menkumham Cek Alur Kedatangan Delegasi G20

Senin, 14 November 2022 - 13:38 WIB
loading...
Datangi Bandara I Gusti Ngurah Rai, Menkumham Cek Alur Kedatangan Delegasi G20
Menkumham Yasonna H Laoly turut melakukan persiapan dalam menghadapi KTT G20 di Bali, seperti memeriksa pelayanan keimigrasian di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) , Yasonna H Laoly turut melakukan sejumlah persiapan dalam menghadapi KTT G20 di Bali. Persiapan yang dilakukan Menkumham yakni memeriksa pelayanan keimigrasian di Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam menyambut delegasi KTT G20.

Yasonna meninjau langsung alur kedatangan delegasi mulai dari turun pesawat, pemeriksaan dokumen kesehatan, pemeriksaan keimigrasian, hingga ruang tunggu delegasi.

Baca juga: Langkah Pasti Indonesia dalam Konferensi G20

Kemenkumham telah melakukan beberapa terobosan untuk memudahkan pelayanan keimigrasian, di antaranya pemberlakuan Electronic Visa on Arrival (e-VOA), pembayaran visa RI di luar negeri, serta pemberian bebas visa bagi delegasi G20 maupun jurnalis asing.

"Sejauh ini apa yang dilakukan imigrasi untuk menyukseskan KTT G20 sudah di jalur yang tepat. Pelayanan keimigrasian berjalan lancar dan tidak ada kendala," ujar Yasonna, Minggu (13/11/2022).

Dalam kunjungannya, Menkumham meminta seluruh jajaran imigrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk menguatkan sinergi saat bertugas di lapangan dengan menyesuaikan pembagian tugas masing-masing.

Baca juga: RI Dorong Implementasi Konkret Kesepakatan G20

Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu menambahkan, terdapat beberapa mekanisme pemeriksaan keimigrasian terhadap delegasi.

Kata Anggiat, untuk delegasi setingkat kepala negara/kepala pemerintahan dilakukan pada gedung VVIP, untuk setingkat Menteri dilakukan pada gedung VIP, dan untuk delegasi lainnya serta jurnalis dilakukan di terminal kedatangan internasional.

"Untuk memperlancar kedatangan delegasi tanpa mengesampingkan penumpang reguler yang jumlahnya banyak, Imigrasi Ngurah Rai telah memisahkan jalur kedatangan antara delegasi/jurnalis G20 dengan penumpang reguler," terang Anggiat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1681 seconds (10.101#12.26)