Deretan Pangkostrad yang Memiliki Brevet Para Utama, Dua di Antaranya Menantu Jenderal

Senin, 14 November 2022 - 06:37 WIB
loading...
Deretan Pangkostrad yang Memiliki Brevet Para Utama, Dua di Antaranya Menantu Jenderal
Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak merupakan satu dari sekian banyak Pangkostrad yang memiliki Brevet Para Utama. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejumlah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tercatat menyandang Brevet Para Utama pemberian Korps Pasukan Khusus (Kopassus) . Brevet Para Utama diberikan bukan dengan sembarangan.

Brevet para utama merupakan bentuk penghargaan Korps Baret Merah atas peningkatan kerja sama yang telah dilakukan selama ini dalam membina dan meningkatkan kemampuan di bidang keparaan. Baca juga: 3 Jenderal Polisi Pemilik Brevet Brimob, Nomor Terakhir Mantan Kapolri

Selain itu, Brevet Para Utama merupakan tanda kemahiran atau kualifikasi yang diberikan oleh Korps atau angkatan kepada seseorang atas usaha dan jerih payahnya mengikuti pendidikan dan latihan pada bidang atau spesialisasi tertentu.

Sebelum disematkan, penerima Brevet Para Utama terlebih dahulu mengikuti serangkaian proses latihan, mulai dari Serbuan Gedung di Sat-81 Kopassus, menembak runduk dari atas gedung, patroli, serbuan ruangan pesawat, serangan regu Komando Unit-81, dan eksfiltrasi.

Berikut ini daftar Pangkostrad yang memiliki Brevet Para Utama dari Kopassus:

1. Letjen TNI Maruli Simanjuntak

Letjen TNI Maruli Simanjuntak merupakan seorang perwira tinggi TNI AD yang sejak 31 Januari 2022 mengemban amanat sebagai Pangkostrad. Maruli, lulusan Akmil 1992 ini berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Pangdam IX/Udayana. Dia juga pernah dipercaya mengisi posisi Danpaspampres pada 2018-2020. Selain karier militernya yang cemerlang, Maruli cukup dikenal karena merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain Brevet Para Utama, Maruli juga memiliki Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, Pin Setia Waspada Paspampres, hingga Brevet Kualifikasi Intai Tempur (Taipur).

2. Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1068 seconds (10.177#12.26)