Tumbuhkan Minat Menulis, Satupena Gelar Pelatihan Kepenulisan dan Entrepreneurship

Minggu, 13 November 2022 - 22:07 WIB
loading...
Tumbuhkan Minat Menulis, Satupena Gelar Pelatihan Kepenulisan dan Entrepreneurship
Tumbuhkan minat menulis, Satupena menggelar pelatihan kepenulisan dan entrepreneurship secara gratis. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Dunia kepenulisan berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Menyikapi hal itu, Satupena menggelar pelatihan kepenulisan dan entrepreneurship secara daring.

“Teknologi membuat dunia penulis terbelah menjadi dua dunia. Pertama, mereka yang tak lagi bisa survive hanya dengan kerja menulis. Publik semakin terbiasa dengan hiburan dan buku gratis lewat internet,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Denny JA di Jakarta, Minggu (13/11/2022).

Di sisi lain, kata Denny JA, ada penulis yang menjadi triliuner di luar negeri. Karya mereka tak hanya menjadi film dan serial TV, tapi juga menjadi theme park dan game seperti Harry Potter karya J.K. Rowling.



”Karena itulah, perkumpulan penulis Indonesia Satupena ikut serta dalam menumbuhkembangkan bibit kepenulisan bagi para penulis atau mereka yang tertarik dengan dunia kepenulisan serta mempertajamnya dengan wawasan entrepreneurship melalui pelatihan daring gratis,” katanya.



Pelatihan yang mengangkat tema “Penulisan Fiksi dan Esai Serta Tip Berwirausaha” akan berlangsung pada mulai 15-18 November 2022. Pelatihan dibuka untuk umum bagi siapa pun yang tertarik dengan dunia kepenulisan tanpa dipungut biaya.

“Satupena berupaya memberikan training kepada penulis dari Aceh hingga Papua untuk membuka mata. Di samping skill menulis yang dipertajam, pelatihan ini juga membuka wawasan entrepreneurship,” katanya.

Senada, Ketua Pelaksana Pelatihan, Jonminofri. "Pelatihan menulis ini adalah salah satu usaha Satupena untuk meningkatkan keterampilan menulis, dan menciptakan penulis baru," ujarnya.

Dalam pelatihan ini, sejumlah materi yang akan disampaikan antara lain mengenai penulisan karya ilmiah popular, penulisan esai, tip wirausaha bagi penulis, penceritaan fiksi serta konten media sosial.

Sementara itu, pemaparan materi akan disampaikan antara lain oleh Direktur Utama Narabahasa Ivan Lanin, pendiri Kapitulis Zarry Hendrik dan penulis Akmal Nasery Basral. Dalam pelatihan daring ini juga akan ada sambutan spesial dari Ketua Umum Satupena Denny JA.

"Selain itu, fasilitas lain yang akan diberikan dari pelatihan ini adalah rekaman kelas, materi kelas dan sertifikat elektronik. Pelatihan daring gratis ini terbuka untuk umum. Bagi yang berminat bisa mendaftar," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)