Gagasan IKN Nusantara Jokowi Hadirkan Pembangunan Indonesia Sentris

Sabtu, 12 November 2022 - 14:12 WIB
loading...
Gagasan IKN Nusantara Jokowi Hadirkan Pembangunan Indonesia Sentris
Gagasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dihadirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai mampu mewujudkan Indonesia Sentris. Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Gagasan Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara yang dihadirkan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dinilai mampu mewujudkan Indonesia Sentris. Pemerataan pembangunan pun terealisasi di era Jokowi.

Kehadiran gagasan IKN juga disambut baik oleh para kepala daerah, khususnya yang berada di sekitar lokasi pembangunan. Salah satunya adalah Bupati Penajam Paser Utara Hamdan.

Hamdan mengatakan sejak gagasan IKN diluncurkan, pembangunan begitu masif hadir di wilayahnya. Ia optimis dengan keberadaan IKN ini, pemerataan pembangunan dapat dihadirkan.





Pernyataan Hamdan tersebut ia sampaikan saat menjadi pembicara pada seminar dengan tajuk “Peradaban Baru Indonesia: Peluang dan Tantangan Pembangunan IKN” yang digelar oleh BEM Universitas Mulawarman.

“Saya pikir IKN lahir memang untuk pemerataan pembangunan. Berubah dari Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Terutama yang kita rasakan yang awal merasakan adalah yang berada di sekitaran lokasi pembangunan,” ujar Hamdan dikutip Sabtu (12/11/2022).

Terlebih Hamdan menuturkan bahwa gagasan IKN yang dibawa Jokowi ini memastikan masyarakat lokal menjadi prioritas utama yang mendapat perhatian. Bukan hanya pembangunan fisik, SDM masyarakat lokal juga ikut digenjot.

“Proses perpindahan IKN ini seperti arahan Pak Presiden Jokowi tidak boleh sama sekali meninggalkan warga lokal. Seperti contohnya peningkatan SDM. Pemerintah pusat melalui program-programnya dan melaui kementeriannya mulai melakukan pelatihan pada masyarakat lokal,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2227 seconds (0.1#10.140)