Agenda Jokowi di Kamboja Hari Ini, Hadiri Sejumlah KTT hingga 3 Pertemuan Bilateral

Sabtu, 12 November 2022 - 07:18 WIB
loading...
Agenda Jokowi di Kamboja Hari Ini, Hadiri Sejumlah KTT hingga 3 Pertemuan Bilateral
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat hadir dalam Upacara Pembukaan KTT ASEAN di Hotel Shokha, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022) pagi waktu setempat. FOTO/BIRO PERS SETPRES
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dijadwalkan menghadiri sejumlah konferensi tingkat tinggi ( KTT ) dengan mitra wicara ASEAN hingga tiga pertemuan bilateral pada Sabtu, 12 November 2022. Berdasarkan informasi dari Sekretariat Presiden, agenda Jokowi hari ini diawali dengan menghadiri KTT ASEAN Plus Three (APT) di Hotel Sokha, Phnom Penh.

Selanjutnya, Jokowi akan mengikuti KTT ASEAN-India ke-19 untuk memperingati hubungan dialog ASEAN-India ke-30 tahun. Agenda Jokowi berikutnya adalah menghadiri KTT ASEAN-Australia ke-2.

Pada siang harinya, Kepala Negara akan mengikuti KTT ASEAN-Jepang ke-25. Selepas itu, Presiden Jokowi akan menghadiri tiga pertemuan bilateral, masing-masing dengan Sekretaris Jenderal PBB, Executive Chairman World Economic Forum (WEF), dan Presiden Dewan Eropa.





"Berikutnya, Presiden akan mengikuti KTT ASEAN-AS ke-10, kemudian dilanjutkan dengan KTT Peringatan ASEAN-Kanada," bunyi informasi dari Sekretariat Presiden, Sabtu (12/11/2022).

Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan menuju Chroy Changvar International Convention and Exhibition Centre (CCIC) untuk menghadiri jamuan makan malam oleh Perdana Menteri Kamboja. Sebelumnya, pada Jumat (11/11/2022), Presiden Jokowi telah mengikuti acara inti KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 yang dilakukan dalam bentuk dua format, yaitu sesi pleno dan sesi retreat.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya mengatakan bahwa pada sesi pleno, Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya kesatuan dan sentralitas ASEAN dalam menghadapi tantangan eksternal maupun internal. Secara eksternal, kata dia, ASEAN harus mampu menavigasi rivalitas kekuatan besar yang makin menajam.

“Sementara secara internal, ASEAN harus tetap relevan, menjaga kepatuhan terhadap Piagam ASEAN, dan mengatasi krisis di Myanmar. Untuk menghadapi tantangan tersebut, kesatuan dan sentralitas ASEAN adalah kunci. Kesatuan dan sentralitas ini harus dimaknai secara konkret dan bukan semata-mata menjadi mantra kosong," ujar Menlu.

KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 menghasilkan 19 dokumen yang diadopsi, antara lain ASEAN Leaders' Statement on the Aplication of Timor Leste to ASEAN. Menlu Retno menuturkan, para pemimpin ASEAN di dalam dokumen tersebut memutuskan menyetujui secara prinsip diterimanya Timor Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN, memberikan status observer, dan memperbolehkan Timor Leste berpartisipasi pada pertemuan ASEAN termasuk sesi pleno KTT.

"ACC atau ASEAN Coordinating Council ditugaskan untuk menyusun road map yang akan dilaporkan pada KTT ke-42 untuk diadopsi. Semua negara ASEAN dan mitra dialog diminta mendukung penuh Timor Leste untuk mencapai milestone tersebut melalui pemberian bantuan pengembangan kapasitas dan dukungan lainnya," ujar Menlu.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)