Dimutasi dan Promosi Bintang, Ini Deretan Tanda Kehormatan Marsma TNI Jorry Soleman Koloay

Sabtu, 12 November 2022 - 05:27 WIB
loading...
Dimutasi dan Promosi Bintang, Ini Deretan Tanda Kehormatan Marsma TNI Jorry Soleman Koloay
Marsekal Pertama (Marsma) TNI Jorry Soleman Koloay dipromosikan menjadi Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional (Kas Koopsudnas) dengan pangkat Marsekal Muda (Marsda). Foto/wikipedia
A A A
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memutasi 130 perwira tinggi (pati) menjelang akhir jabatannya, 10 di antaranya menempati pos jabatan baru promosi bintang dua. Salah satunya yaitu Marsekal Pertama (Marsma) TNI Jorry Soleman Koloay yang dipromosikan menjadi Kepala Staf Komando Operasi Udara Nasional (Kas Koopsudnas) dengan pangkat Marsekal Muda (Marsda).

Jorry Soleman Koloay merupakan pati TNI AU kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 3 Januari 1971. Lulus Akademi Angkatan Udara (AAU) tahhun 1992, seabrek jabatan pernah disandang Jorry I sepanjang kariernya.



Sebelum memperoleh bintang di pundak, Jorry pernah menjabat sebagai Kasubdislan Disbangopsau pada 2014-2015, lalu Komandan Lanud El Tari Nusa Tenggara Timur (Desember 2015-2017), Dansekkau (Mei-Desember 2017). Setelah itu, Jorry menjabat sebagai Pangkosekhanudnas IV/Biak selama dua tahun sejak 4 Desember 2017 hingga akhir September 2019.

Jorry akhirnya memperoleh pangkat bintang satu pada September 2019 saat dipercaya menjabat sebagai Waasops Panglima TNI. Setahun kemudian, dia dimutasi menjadi Kepala Staf Komando Operasi Angkatan Udara I atau Kaskoopsud I (18 November 2020). Setelah dua tahun, pada 4 Noveber 2022 lalu bintang di pundak Jorry bertambah satu dengan jabatan sebagai Kas Koopsudnas

Karier cemerlang Jorry juga dibarengi pengalaman tugas lapangan dan pelatihan. Jorry yang memiliki dua putra dan seorang putri ini mengenyam lebih dari 40 penugasan dan pelatihan di dalam maupun di luar negeri.



Pun demikian dengan tanda kehormatan yang diterimanya. Jorry menerima 12 tanda kehormatan di sepanjang kariernya. Satu di antaranya adalah Satyalancana Dwidya Sistha, yaitu tanda kehormatan yang diberikan sebagai penghargaan atas jasanya sebagai selaku guru/instruktur pada lembaga-lembaga pendidikan TNI yang telah menunjukkan kesetiaannya.

Jorry juga menerima Satyalancana Seroja, yaitu tanda kehormatan yang diberikan atas jasa menanggulangi masalah keamanan di wilayah Nusa Tenggara Timor pada periode 1975-1999.
Berikut daftar lengkap 12 tanda kehormatan Jorry Soleman Koloay.

Satyalancana Dwidya Sistha
Bintang Yudha Dharma Nararya
Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya
Satyalancana Kesetiaan XXIV Tahun
Satyalancana Kesetiaan XVI Tahun
Satyalancana Kesetiaan VIII Tahun
Satyalancana GOM VII (Aceh)
Satyalancana Dharma Nusa
Satyalancana Wira Nusa
Satyalancana Wira Siaga
Satyalancana Seroja
Satyalancana Wira Dharma
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)