4 Komandan Marinir TNI AL yang Paling Lama Menjabat, Nomor 3 Sampai 6 Tahun

Jum'at, 11 November 2022 - 16:48 WIB
loading...
4 Komandan Marinir TNI AL yang Paling Lama Menjabat, Nomor 3 Sampai 6 Tahun
Komandan marinir merupakan pemimpin bagi Korps Marinir Republik Indonesia. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Komandan marinir merupakan pemimpin bagi Korps Marinir Republik Indonesia. Dalam sejarahnya, terdapat sejumlah komandan marinir yang cukup lama menjabat.

Dikutip dari marinir.tnial.mil.id, korps Marinir TNI Angkatan Laut adalah salah satu Komando Utama Operasi dibawah kendali langsung Panglima TNI yang juga merangkap sebagai Komando Utama Pembinaan pada Markas Besar TNI AL.

Baca juga : Berjuluk Hantu Laut, Ini Sejarah Lahirnya Korps Marinir TNI AL

Korps baret ungu ini dipimpin oleh seorang Perwira TNI AL berpangkat Mayor Jenderal. Rata-rata mereka yang menjabat sebagai Komandan Marinir hanya selama 2 sampai 3 tahun. Namun terdapat beberapa orang yang menjabat lebih dari itu.

Berikut empat komandan marinir TNI AL yang paling lama menjabat :

1. Mayor Jenderal TNI (Mar) (Purn.) Muntaram

Lahir pada 14 April 1935, Jenderal Bintang Dua ini menjabat sebagai Komandan Marinir pada 1983 hingga 1987, atau sekitar 4 tahun.

Saat ini nama beliau diabadikan menjadi nama Gedung di Markas Komando Korps Marinir, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun, Kwitang, Jakarta Pusat, yang diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Marsetio.

2. Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono

Letjen Suhartono yang kini mengemban tugas sebagai Komandan Kodiklatal ke-48 sejak 21 Januari 2022 ini juga sempat menjabat sebagai Komandan Marinir tahun 2018 hingga 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)