Berjuluk Hantu Laut, Ini Sejarah Lahirnya Korps Marinir TNI AL

Senin, 15 November 2021 - 17:40 WIB
loading...
Berjuluk Hantu Laut, Ini Sejarah Lahirnya Korps Marinir TNI AL
Prajurit Korps Komando Angkatan Laut (KKO) kini bernama Korps Marinir. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejarah lahirnya Korps Marinir TNI AL yang hari ini merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 berawal pada 15 November 1945. Di sebuah kota kecil, Tegal, Jawa Tengah sejumlah tokoh dan pelaut-pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di Koninklijke Marine yakni, Angkatan Laut Kerajaan Belanda dan Kaigun pada masa pendudukan Jepang seperti R.E. Martadinata, Mas Pardi, dan M. Nazir, ikut membidani lahirnya BKR laut yang kini menjadi TNI Angkatan Laut (AL).

Dikutip dari marinir.tnial.mil.id disebutkan, usai Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan pada 17 Agustus 1945 maka terbentuklah badan-badan perjuangan di seluruh pelosok Indonesia yang bertujuan mempertahankan kemerdekaan. Di bidang kelautan, para pejuang laut yang terdiri dari para pemuda pelayaran, nelayan, bekas K.M, Kaigun, Heiho membentuk satuan-satuan di pangkalan seluruh Indonesia seperti Marine Keamanan Rakyat, Tentara Keamanan Rakyat, Corps Marinier, Pasukan Laut dan Korps Keamanan Pantai.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertahanan Nomor: A/565/1948 pada 9 Oktober 1948 maka ditetapkan adanya Korps Komando di dalam Angkatan Laut sehingga seluruh satuan kelautan tersebut dilebur menjadi Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL) dengan Komandan yang pertama Mayor Agoes Soebekti. Khusus Corps Mariners (CM) di Pangkalan IV Tegal, karena letaknya yang cukup strategis maka diperkuat oleh tujuh batalyon. Persenjataan dan perlengkapan yang semula bervariasi disempurnakan dengan senjata jenis Johnson dari FN (Belgia).



Pada 1955-1959 KKO-AL mengalami perubahan dalam bidang organisasi. Pembinaan personel dan material pada periode ini juga mengalami kemajuan-kemajuan di antaranya melalui bidang pendidikan. Pada 1975 terjadi perubahan besar di mana nama KKO AL yang telah digunakan sejak 1950 dikembalikan lagi menjadi Korps Marinir sesuai dengan sejarah lahirnya Korps sejak 1945. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep/1831/XI/1975 tanggal 14 Nopember 1975.

Berjuluk Hantu Laut, Ini Sejarah Lahirnya Korps Marinir TNI AL


Pada 1984 Korps Marinir kembali mengadakan reorganisasi kekuatan. Kekuatan yang dimiliki saat itu adalah 2 Brigade Infanteri Korps Marinir, 1 Resimen Bantuan Tempur Korps Marinir, 1 Resimen Bantuan Administrasi Korps Marinir, 1 Komando Latihan Korps Marinir dan 2 Pangkalan Korps Marinir di Jakarta dan Surabaya. Sebelum Reformasi, kekuatan tersebut ditambah dengan masuknya satuan Detasemen Jala Mangkara dan Rumah Sakit TNI AL Marinir Cilandak sebagai Komando Pelaksana Korps Marinir

Seiring perjalanan waktu dan dinamika ancaman, untuk meningkatkan pembinaan dan standardisasi kemampuan tempur pasukan Marinir, Kepala Staf TNI AL mengeluarkan keputusan Nomor. Kep/08/III/2001 tanggal 12 Maret 2001 tentang likuidasi Brigif-1 Marinir, Brigif-2 Marinir, Menbanpurmar dan Menbanminmar. Korps Marinir selanjutnya membentuk Pasukan Marinir-1 (Pasmar-1) dan Brigade Marinir Berdiri Sendiri (Brigmar BS).



Dengan demikian, Satuan-Satuan Komando Pelaksana Korps Marinir terdiri dari Pasukan Marinir-1 di Surabaya, Lanmar Surabaya, Kolatmar di Surabaya, Brigmar BS di Jakarta, Denjaka di Jakarta, Lanmar Jakarta dan Rumkitalmar Cilandak di Jakarta. Kekuatan Pasmar-1 terdiri dari Brigade Infanteri Marinir, Resimen Kavaleri Marinir, Resimen Artileri Marinir, Resimen Bantuan Tempur Marinir, Batalyon Intai Amfibi serta 4 Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan. Sedangkan Kekuatan Brigade Marinir BS terdiri dari 3 Batalyon Infanteri Marinir, Detasemen Bantuan Tempur, Detasemen Kavaleri, Detasemen Artileri, Detasemen Intai Amfibi dan 2 Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2825 seconds (0.1#10.140)