Wapres Ma'ruf Amin Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

Kamis, 10 November 2022 - 09:22 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin memimpin upacara ziarah nasional memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022). FOTO/MPI/BINTI MUFARIDA
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres) Ma'ruf Amin memimpin upacara ziarah nasional memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022). Peserta upacara terdiri dari jajaran personel TNI, Polri, dan elemen masyarakat.

Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara yaitu Kolonel Pasukan Dedi Agung Sulistyo. Kemudian diikuti hormat senjata dan dilanjutkan dengan penghormatan bagi arwah para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dibunyikan sirene selama 60 detik. Selanjutnya, diakhiri dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Wapres sebagai Inspektur Upacara.

Baca juga: Tiba di TMP Kalibata, Wapres Ma'ruf Amin Pimpin Upacara Hari Pahlawan

"Untuk para pahlawan kusuma bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ucap Wapres.

Wapres kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan. Setelah itu, Wapres Ma'ruf Amin juga melakukan tabur bunga di pusara para pahlawan. Ikut mendampingi Wapres, Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

Tabur bunga dilakukan Wapres tidak hanya pada satu pusara. Selain menabur bunga, Wapres tampak memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan yang diiringi lagu Gugur Bunga ciptaan Ismail Marzuki.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)