5 Deretan Profil Pahlawan Nasional Baru 2022, Terakhir Dokter Pribadi Soekarno

Rabu, 09 November 2022 - 15:51 WIB
loading...
5 Deretan Profil Pahlawan Nasional Baru 2022, Terakhir Dokter Pribadi Soekarno
Terdapat lima tokoh yang mendapatkan gelar pahlawan nasional dari Presiden Joko Widodo sepanjang tahun 2022. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat lima tokoh yang mendapatkan gelar pahlawan nasional dari Presiden Joko Widodo sepanjang tahun 2022. Gelar tersebut berdasarkan usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

Dikutip dari setkab.go.id, Penyematan tanda jasa Pahlawan Nasional ini dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam sidang yang diketuai oleh (Menko Polhukam) Mahfud MD pada Kamis 3 November lalu.

Baca juga : Mengenang 4 Pahlawan Nasional dari Tanah Papua

Dalam pertemuan tersebut disimpulkan bahwasannya Presiden pada tahun 2022 akan memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh bangsa yang turut berjasa dan telah berjuang dalam kemerdekaan bangsa.

Berikut lima deretan profil Pahlawan Nasional baru 2022 :

1. KH Ahmad Sanusi

5 Deretan Profil Pahlawan Nasional Baru 2022, Terakhir Dokter Pribadi Soekarno

Dikutip dari iqt.uinsgd.ac.id, K.H. Ahmad Sanusi lahir di Sukabumi, tepatnya pada hari Jum’at tanggal 18 September 1888 di Kampung Cantayan, Desa Cantayan, Kecamatan Cikembar Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

KH Ahmad Sanusi merupakan salah seorang anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan seorang tokoh Islam yang memperjuangkan dasar negara Pancasila.

Ulama asal Sukabumi ini juga dikenal sebagai pendiri organisasi Persatuan Umat Islam (PUI). Dirinya sempat ditahan oleh kolonialis Belanda lantaran terlibat dalam upaya-upaya perlawanan terhadap penjajah dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

2. KGPAA Paku Alam VIII
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)