Gerhana Bulan Total, BMKG: Waspada Potensi Gelombang Tinggi

Selasa, 08 November 2022 - 21:21 WIB
loading...
Gerhana Bulan Total, BMKG: Waspada Potensi Gelombang Tinggi
Penampakan gerhana bulan total di langit Jaifuri, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (8/11/2022). Foto/ANTARA FOTO/Indrayadi TH
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di wilayah pesisir ataupun nelayan waspada terhadap potensi gelombang tinggi . Hal ini akibat dampak gerhana bulan total yang berlangsung malam ini, Selasa (8/11/2022).

"Biasanya dampaknya gerhana bulan terhadap pasang surut air laut, khususnya pasang air laut," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto melalui pesan singkatnya, Selasa (8/11/2022).

Berdasarkan hasil pantauan dan analisis BMKG, sejumlah daerah di Indonesia berpotensi dilanda gelombang tinggi. Salah satu daerah yang berpotensi dilanda gelombang tinggi yakni di Kepulauan Riau (Kepri); Batam; Linga; Perairan Anambas; hingga Natuna.

"Contohnya untuk tinggi gelombang laut di beberapa daerah di Kepri diperkirakan lebih dari satu meter, seperti di wilayah perairan Batam dan Lingga, ketinggian gelombang laut mencapai 1,5 meter," beber Guswanto.

"Untuk Perairan Anambas mencapai ketinggian 2,5 meter dan Natuna mencapai ketinggian 3 meter," sambungnya.

Guswanto mengimbau kepada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, hingga kapal pesiar untuk waspada. Apalagi, terhadap sejumlah perairan yang berpotensi diterjang gelombang tinggi hingga 4 meter.

"Dimohon juga kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," imbau Guswanto.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)