Deretan Pahlawan Nasional yang Juga Seorang Seniman

Selasa, 08 November 2022 - 22:00 WIB
loading...
Deretan Pahlawan Nasional yang Juga Seorang Seniman
Terdapat tiga pahlawan nasional yang juga merupakan seorang seniman yakni WR Supratman, Ismail Marzuki, dan Usmar Ismail. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa pahlawan nasional yang juga merupakan seorang seniman. Meski tidak secara langsung terlibat dalam kemerdekaan, mereka menunjukkan kontribusinya lewat karya-karya yang dihasilkan.

Maka dari itu, pemerintah memberi mereka gelar pahlawan nasional. Berikut ini SINDOnews tampilkan deretan pahlawan nasional yang juga seorang seniman.

1. WR Supratman

Deretan Pahlawan Nasional yang Juga Seorang Seniman


WR Supratman atau Wage Rudolf Supratman lahir pada Maret 1903. WR Supratman adalah pencipta lagu kebangsaan Indonesia. Pada 1907, ia memulai pendidikan di sekolah taman kanak-kanak. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Tweede Inlandscheschool dan selesai pada 1917.

Dua tahun kemudian, ia lulus ujian untuk calon pegawai rendahan. Setelahnya, ia melanjutkan ke sekolah pendidikan guru. Diketahui, karier bermusiknya tidak terlepas dari peran sang kakak ipar, WM Van Eldick. Supratman diberi hadiah oleh kakak iparnya berupa biola ketika ulang tahun ke-17. Supratman bersama Van Eldik lalu mendirikan grup Jazz, Black and White.

Kepiawaian Supratman bermusik digunakannya untuk menciptakan lagu perjuangan. Salah satu lagu yang dibuatnya adalah lagu Indonesia Raya, yang merupakan lagu kebangsaan Indonesia. Pada pelaksanaan Kongres Pemuda Kedua di Jakarta, 27-28 Oktober 1928, Supratman ikut terlibat. Lagu Indonesia Raya yang merupakan ciptaannya pertama kali dinyanyikan pada Kongres Pemuda II.

Pada 17 Agustus 1938, Supratman meninggal dunia. Ia dimakamkan di Pemakaman Umum Kapasan Jalan Tambak Segaran Wetan Surabaya. Atas jasanya, Pemerintah Indonesia memberikan gelar pahlawan nasional berdasarkan Keppres No.16/SK/1971 tanggal 20 Mei 1971. Selain itu, pemerintah juga memberikan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra Utama kepadanya.

2. Ismail Marzuki

Deretan Pahlawan Nasional yang Juga Seorang Seniman


Ismail Marzuki adalah seorang seniman dan pahlawan nasional. Gelar pahlawan nasional diberikan pada Ismail Marzuki berdasarkan Keppres No.89/TK/2004 pada 5 November 2004.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2625 seconds (0.1#10.140)