5 Patung Pahlawan Megah dan Bersejarah di Indonesia, Nomor 3 Ada Lempengan Marmer Hitam

Selasa, 08 November 2022 - 06:04 WIB
loading...
5 Patung Pahlawan Megah dan Bersejarah di Indonesia, Nomor 3 Ada Lempengan Marmer Hitam
Sebagai orang yang berpengaruh dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia meraih kemerdekaan, beberapa tokoh pahlawan diabadikan dalam bentuk patung. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagai orang yang berpengaruh dalam perjalanan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan, beberapa tokoh pahlawan diabadikan dalam bentuk patung. Selain sebagai pengingat atas jasa-jasa mereka, melalui keberadaan patung tersebut, masyarakat Indonesia bisa mengenal sepak terjang para pahlawan .

Berikut adalah patung-patung pahlawan yang megah dan bersejarah di Indonesia.

1. Patung Pahlawan Revolusi di Lubang Buaya

Bagi Anda yang pernah mengunjungi Monumen Pancasila Sakit di Lubang Buaya, Jakarta Timur, pasti familiar dengan patung tujuh pahlawan revolusi.

Seperti dikutip dari buku Tragedi Nasional Percobaan KUP G30S/PKI di Indonesia, tujuh pahlawan revolusi ini diculik sekitar pukul 2.30 WIB dini hari, 1 Oktober 1965.



Martha Tiahahu merupakan gadis muda yang secara langsung terlibat dalam perang militer abad ke-19 melawan pemerintah Belanda. Perempuan kelahiran 4 Januari 1800 ini sudah turun ke medan perang ketika usianya baru menginjak 17 tahun.

Meskipun usianya masih sangat muda, namun ia terkenal memiliki cita-cita perjuangan yang sangat tinggi dan konsekuen. Berani, pantang menyerah, dan cerdas, merupakan sifat-sifat yang dimiliki Martha. Martha Tiahahu resmi ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada 20 Mei 1969.

3. Patung Soekarno-Hatta di Tugu Proklamasi

Selanjutnya, ada patung para proklamator Indonesia, Soekarno-Hatta, yang berdiri megah di Tugu Proklamasi, Jakarta. Tugu Proklamasi disebut juga sebagai Tugu Petir, merupakan salah satu monumen bersejarah yang berada di atas tanah Kompleks Taman Proklamasi di Jalan Proklamasi. Dulunya, jalan ini dikenal dengan nama Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5273 seconds (0.1#10.140)