Strategi Jokowi Bangun Indonesia dari Pinggiran Sukses Wujudkan Pemerataan

Senin, 07 November 2022 - 14:31 WIB
loading...
Strategi Jokowi Bangun Indonesia dari Pinggiran Sukses Wujudkan Pemerataan
Strategi membangun Indonesia dari desa-desa yang dilakukan Presiden Jokowi berhasil mewujudkan pemerataan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memiliki strategi membangun Indonesia mulai dari daerah-daerah pinggiran seperti desa-desa dan wilayah kepulauan. Strategi tersebut terbukti berhasil mewujudkan pemerataan.

Keberhasilan strategi Jokowi membangun Indonesia diakui oleh mantan Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Islam Indonesia Karman BM. Menurutnya membangun Indonesia dari pinggir adalah langkah strategis yang sudah dilakukan oleh Jokowi.

Karman mengatakan gagasan Jokowi sukses mewujudkan pembangunan Indonesia Sentris yaitu, pembangunan yang bermuara di seluruh wilayah di Indonesia.



Keberhasilan Jokowi merealisasikan pembangunan di seluruh daerah juga sukses menghapus stigma terkait Jawa Sentris. Karman menuturkan di era Jokowi pembangunan bukan hanya dilakukan di Jawa saja, namun sukses dihadirkan di semua provinsi-provinsi di Tanah Air. Menurut Karman, semua itu berkat strategi membangun Indonesia dari pinggiran.



“Presiden Jokowi ketika pertama menjadi presiden mengorganisir strategi pembangunan dari pinggir atau paradigma Indonesia sentris. Kebijakan ini mengembangkan suatu pembangunan yang tadinya hanya bertumpu di Pulau Jawa kemudian kita sekarang bagi pemerataannya di luar-luar Jawa,” ujar Karman.

Karman menambahkan, manfaat pembangunan dari pinggiran yang digagas Jokowi adalah hadirnya infrastruktur-infrastruktur memadai di wilayah kepulauan. Hal tersebut tentu dapat memacu optimisme masyarakat terkait kedaulatan maritim nasional.

“Pak Jokowi ingin mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sebuah terobosan dari Pak Jokowi dalam rangka memproteksi kedaulatan dan kepentingan Indonesia di laut,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)