Nasdem Intip Lawan, Cawapres Anies Disimpan untuk Kejutan Politik

Senin, 07 November 2022 - 07:47 WIB
loading...
Nasdem Intip Lawan, Cawapres Anies Disimpan untuk Kejutan Politik
Soal siapa cawapres Anies Baswedan, Nasdem menyebutnya akan menjadi element of surprise. Foto/antara
A A A
JAKARTA - Partai Nasdem, Partai Demokrat dan PKS masih terus mematangkan pilihan soal pendamping Anies Baswedan sebagai cawapres. Demokrat mengusulkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sedangkan PKS mengusung Ahmad Heryawan.

"Di dalam rapat tim kecil dua kali pertemuan memang PKS mengusulkan Ahmad Heryawan dan Demokrat mengusulkan Pak AHY. Kita menghormati itu sebagai keputusan partai. Tentu dalam hal ini Nasdem tidak mengusulkan kandidat dan nasdem menyerahkan ke Anies untuk menentukannya," kata Ketua DPP Nasdem Willy Aditya kepada wartawan di Jakarta, dikutip Senin (7/10/2022).



Willy menjelaskan, tiga partai ini sudah membuat mekanismenya masing-masing, yakni parpol boleh mengusulkan kandidat cawapres juga menerima kandidat di luar partai. Keputusan akhir berada di pimpinan partai. Sementara kriteria cawapres yaitu pertama, menambah daya ungkit; kedua, mensolidkan partai; dan ketiga, memiliki kapasitas pemerintahan.

Soal kapan waktunya, kata Willy, pihaknya akan mengintip terlebih dahulu pasangan calon yang akan menjadi kompetitor Anies di Pilpres 2024 mendatang.

"Mekanismenya sejauh ini kita coba bersepakat di level kita capresnya dulu, cawapresnya nanti kita akan tentukan setelah kita juga melihat bagaimana komposisi kompetitor," ungkapnya.



Kemudian, Willy melanjutkan, pihaknua juga melakukan survei terhadap para cawapres dan juga melakukan safari sebagai bagian dari proses berkorespondensi dengan tokoh masyarakat soal siap yang mereka inginkan. Dan soal cawapres ini pihaknua belum mengunci siapapun dan belum memutuskan apa-apa, karena pihaknya ingin sebangun dengan masyarakat.

Wakil Ketua Baleg DPR ini menambahkan, soal cawapres ini juga akan menjadi element of surprise dalam proses politiknya.

"Tentu posisi cawapres juga akan menjadi elemen of surprise juga gitu ya, dan kemudian tentu semata-maa tidak hanya elektabilitas atau faktor elektoral saja tapi ada variabel-variabel kualitatif di dalam menentukan calon wakil presiden," tandasnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)