PUI Apresiasi Pemberian Gelar Pahlawan Nasional kepada KH Ahmad Sanusi

Sabtu, 05 November 2022 - 14:11 WIB
loading...
PUI Apresiasi Pemberian Gelar Pahlawan Nasional kepada KH Ahmad Sanusi
Ketua Majelis Syura PUI, KH Ahmad Heryawan, Sabtu (5/11/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Persatuan Ummat Islam (PUI) mengapresiasi penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada KH Ahmad Sanusi . Ulama asal Sukabumi itu merupakan pendiri PUI dan juga Anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

"Kami bersyukur akhir pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Ajengan Kiai Ahmad Sanusi . Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah RI," kata Ketua Majelis Syura PUI KH Ahmad Heryawan, Sabtu (5/11/2022).

Kang Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang merintis dan mengawal proses panjang pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada KH Ahmad Sanusi.

Baca juga: Tokoh Jawa Barat KH Ahmad Sanusi Dianugerahi Pahlawan Nasional

Aher berharap gelar Pahlawan Nasional untuk Kiai Ahmad Sanusi menjadi motivasi bagi generasi muda, umat, dan bangsa untuk menghidupkan kepahlawanan dan ketangguhan dalam kehidupan sehari-hari.

"Keteladanan penting yang dicontohkan oleh Ajengan Sanusi antara lain adalah kesediaan berkorban demi mengedepankan kepentingan kolektif, tentunya ini sangat relevan untuk melejitkan partisipasi generasi muda masa kini dalam berbakti bagi umat dan bangsa," kata Aher.

Ketua Umum DPP PUI KH Nurhasan Zaidi menjelaskan, peran penting Ahmad Sanusi dalam memperjuangkan dan membela Indonesia merdeka selama masa hidupnya.

Menurutnya, bukan hal mudah menghadirkan persatuan dan keharmonisan pada masa awal kemerdekaan Indonesia. Namun Ahmad Sanusi berhasil secara cerdik dan strategis memberikan masukan-masukan penting yang memecah kebekuan.

"Bahkan menjadi faktor penentu lahirnya ideologi bangsa Indonesia yang terus bertahan kekokohan dan kesaktiannya hingga hari ini," ungkap Nurhasan Zaidi.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2887 seconds (11.210#12.26)