Sidak Rutan K4 KPK, Komisi III DPR Mengaku Tidak Bertemu Tahanan

Selasa, 07 Juli 2020 - 16:48 WIB
loading...
Sidak Rutan K4 KPK, Komisi III DPR Mengaku Tidak Bertemu Tahanan
Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery bersama sejumlah anggota komisi tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengikuti rapat dengar pendapat dengan KPK, di Jakarta, Selasa (7/7/2020). Foto/SINDOnews/Sutikno
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR RI menyidak langsung Rumah Tahanan (Rutan) K4 di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seusai melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan para pimpinan dan dewan pengawas lembaga antikorupsi itu.

"Kami tadi turut ke rumah tahanan, perlu diingat kami tidak bertemu dengan tahanan, tidak bertemu dengan tahanan. Tidak ada kepentingan bertemu dengan tahanan KPK," ujar Ketua Komisi III DPR Herman Hery seusai menyambangi Rutan K4, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Herman menegaskan, pihaknya hanya melihat prosedu keluar masuk rumah tahanan K4 bagi pengunjung maupun tahanan. "Sehinga tadi kami dapat penjelasan dari ketua KPK bagaimana prosedur di era pandemi ini, kunjungan dilakukan secara vitual. Kami diberikan contoh di dalam tadi. Kami juga melihat ruang tahanan itu seperti apa. Dan kami tadi udah lihat tadi di dalamnya, dan tidak bertemu dengan satu orang pun tahanan, karena itu etika," jelasnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa kedatangan Komisi III DPR ke Gedung KPK hanya melihat kondisi gedung lembaga antikorupsi itu serta penguatan-penguatan yang dibutuhkan KPK. "Kok datang ke Gedung KPK, enggak di DPR saja? Ya tadi saya bilang ada aturan. Datang ke KPK, kami juga ingin melihat, sejak Gedung KPK yang baru ini jadi, sebagian besar anggota Komisi III DPR ini baru masuk di periode ini, juga ingin tau, seperti apa KPK itu," katanya. (Lihat juga foto: Sambangi KPK, Komisi III Gelar Rapat dengan Dewan Pengawas ).

"Hanya lewat-lewat di depan saja, bentuk selnya seperti apa? Sehingga kami merasa perlu untuk dalam bentuk pengawasan mengajak anggota Komisi III melihat fasilitas yang ada di KPK, kenapa? Karena fasilitas itu, anggarannya juga kami yang menyetujui. Dalam fungsi itu, kami juga ingin lihat hasilnya seperti apa," pungkasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)