Momen Prabowo dan KSAD Dudung Kompak Berkacamata Hitam di KRI Wahidin Sudirohusodo

Kamis, 03 November 2022 - 18:04 WIB
loading...
Momen Prabowo dan KSAD Dudung Kompak Berkacamata Hitam di KRI Wahidin Sudirohusodo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman kompak berkacamata hitam saat acara pengukuhan nama KRI dr. Wahidin Sudirohusodo (WSH)-991. Foto/MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman kompak berkacamata hitam saat acara pengukuhan nama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Wahidin Sudirohusodo (WSH)-991. Nama alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan anak bangsa itu dikukuhkan oleh Prabowo.

"Hari ini Kamis 3 November 2022, pukul 09.42 WIB dengan ini nama dr Wahidin Sudirohusodo saya kukuhkan jadi nama KRI dr Wahidin Sudirohusodo dengan nomor lambung 991," ujar Prabowo saat melakukan prosesi pengukuhan di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis, (3/11/2022).

Usai acara pengukuhan, Prabowo yang didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman langsung berdiri di pinggir KRI dr. Wahidin Sudirohusodo (WSH)-991 untuk menyaksikan pertunjukan dari kapal-kapal TNI AL. Prabowo dan KSAD Dudung terlihat kompak dengan mengenakan kacamata hitam sambil mengarahkan pandangan ke lautan.

Baca juga: KRI Wahidin Sudirohusodo Jadi RS Terapung, Prabowo Banggakan Kemampuan Anak Bangsa Buat Kapal Rumit



Untuk diketahui, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo adalah hasil karya anak bangsa PT PAL Indonesia di Surabaya. Proses pembuatan kapal ini diawali dengan pemotongan besi pertama yang dilaksanakan pada 9 Juli 2019, pemasangan lunas pertama pada 14 Oktober 2019, peluncuran dan pemberian nama dr. Wahidin Sudirohusodo dilaksanakan pada 7 Januari 2021, yang kemudian diserahkan dan diresmikan masuk ke jajaran TNI AL pada 12 Januari 2022.

KRI dr. Wahidin Sudirohusodo merupakan kapal bantu rumah sakit yang masuk dalam jajaran Satuan Kapal Bantu Komando Armada III, dan memiliki fungsi asasi dalam rangka mendukung layanan kesehatan di darat, laut dan udara, serta mendukung Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.

Nama KRI dr. Wahidin Sudirohusodo diberikan sebagai penghargaan bagi pahlawan nasional dr. Wahidin Sudirohusodo yang lahir di Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, pada 7 Januari 1852.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1748 seconds (11.252#12.26)