Promosikan Islam Moderat, Wapres: Indonesia Sudah Kirimkan 70 dari Target 200 Imam ke UEA

Rabu, 02 November 2022 - 21:21 WIB
loading...
Promosikan Islam Moderat, Wapres: Indonesia Sudah Kirimkan 70 dari Target 200 Imam ke UEA
Wapres Ma’ruf Amin mengatakan, bahwa Indonesia telah mengirimkan 70 dari target 200 imam ke UEA saat bertemu Presiden ADFP, Syekh Abdullah bin Bayyah. Foto/Dok Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, Indonesia telah mengirimkan 70 dari target 200 imam ke Uni Emirat Arab (UEA). Hal itu diungkapkan Wapres saat bertemu Presiden Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP), Syekh Abdullah bin Bayyah, Rabu (2/11/2022).

"Pertukaran imam, Indonesia sudah mengirimkan 70 imam dari 200 imam yang akan dikirimkan ke Emirate," ungkap Wapres dalam keterangannya.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Ingatkan Pentingnya Ketahanan Nasional

Apalagi kata Wapres, baik Indonesia dan UEA sama-sama ingin mengembangkan toleransi dan Islam yang moderat. "Sisi Indonesia dan Emirate itu sama-sama ingin mengembangkan toleransi dan Islam yang moderat," kata Wapres.

"Di kita Indonesia juga sudah menetapkan dalam konstitusi untuk menjaga perdamaian dan ketertiban dunia. Karena itu, maka kita ingin memperkuat visi ini bukan hanya untuk kedua negara, tapi untuk seluruh dunia," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Wapres menegaskan Indonesia mendukung Abu Dhabi Forum for Peace (ADFP) sebagai langkah besar untuk mempromosikan toleransi dan Islam moderat. Mengingat, forum ini akan dihadiri oleh berbagai negara di dunia bukan hanya dari kalangan Islam tapi juga dari kalangan agama lain.

"Kami di Indonesia membangun prinsip tiga ukhuwah (persaudaraan), yakni ukhuwah islamiyah (persaudaraan seagama), ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa), dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan umat manusia)," papar Wapres.

"Indonesia juga punya misi menurut konstitusi kami untuk melakukan perdamaian dunia," imbuhnya.



Adapun salah satu contoh kerja sama Indonesia dan UEA dalam upaya mempromosikan Islam moderat di antaranya melalui kerja sama membangun Replika Masjid Sheikh Zayed dan Islamic Center di Solo, Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)