5 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia, Terakhir Capai Ratusan Triliun

Rabu, 02 November 2022 - 15:46 WIB
loading...
5 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia, Terakhir Capai Ratusan Triliun
Sedikitnya ada lima kasus korupsi terbesar di Indonesia yang bikin bangkrut negara. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima kasus korupsi terbesar di Indonesia yang bikin bangkrut negara. Berbagai upaya telah dilakukan, namun korupsi tetap terlihat tumbuh subur di tanah air.

Banyak yang berpendapat bahwa hukuman untuk para koruptor ini masih tergolong ringan. Bahkan beberapa dari mereka justru mendapat fasilitas yang bagus di penjara dan bahkan masih bisa bebas berkeliaran. Padahal telah merugikan negaranya sendiri.

Baca juga : KPK Hentikan Penyidikan Kasus Korupsi BLBI

Berikut lima kasus korupsi terbesar di Indonesia :

1. Bank Century

Kasus Korupsi pertama ini diungkap pada tahun 2013 lalu yang membuat negara mengalami kerugian sebesar Rp 7 triliun, berdasarkan Laporan Hasil Perhitungan (LHP) kerugian negara atas kasus tersebut.

Akibat dari kasus ini Indonesia telah merugi sebesar Rp 689,394 miliar. Sementara itu untuk penetapan sebagai bank berdampak sistemik telah merugikan negara sebesar Rp 6,742 triliun.

2. PT Jiwasraya

Akibat kasus ini Indonesia telah mengalami kerugian sebesar Rp 16,8 triliun. Kasus yang melibatkan PT Asuransi Jiwasraya ini baru terungkap usai gagal melakukan pembayaran polis kepada nasabah terkait investasi Saving Plan sebesar Rp 12,4 triliun.

Kasus yang baru diungkap pada 2022 ini telah memvonis enam orang, di antaranya Hary Prasetyo (Direktur Keuangan Jiwasraya), Hendrisman Rahim (mantan Direktur Utama Jiwasraya), Syahmirwan (mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya), Joko Hartono Tirto (Direktur PT Maxima Integra), Benny Tjokrosaputro (Direktur Utama PT Hanson International) dan Heru Hidayat (Direktur PT Trada Alam Minera dan Direktur PT Maxima Integra).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2839 seconds (11.210#12.26)