Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dengan Ukraina, Siapa Lebih Unggul?

Selasa, 01 November 2022 - 18:01 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dengan Ukraina, Siapa Lebih Unggul?
Militer Indonesia memiliki kekuatan yang cukup ditakutkan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Militer Indonesia memiliki kekuatan yang cukup ditakutkan. Bahkan jika dibandingkan dengan Ukraina yang kini tengah berperang dengan Rusia, Indonesia masih berada di peringkat teratas.

Berdasarkan hasil survei dari Global Firepower tahun 2022, kekuatan militer Indonesia berada di peringkat 15. Sementara Ukraina bercongkol di urutan 22 dari 142 negara.

Baca juga : Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia dan Australia

Mengingat populasi Indonesia yang jauh lebih besar ketimbang Ukraina membuatnya memiliki pasukan perang yang jauh lebih banyak. Tercatat Indonesia memiliki sekitar 134,809,844 personil sedangkan untuk Ukraina hanya 22,310,276 personil.

Ukraina unggul dalam segi finansial, negara yang sedang bersitegang dengan Rusia ini menggelontorkan sekitar USD 11 miliar untuk kekuatan militernya. Sedangkan Indonesia hanya bermodalkan USD 9 miliar.

Untuk kekuatan udara Indonesia memang unggul dengan total pesawat sebanyak 445 sedangkan Ukraina hanya memiliki 318 buah.

Namun Ukraina akan unggul bila dilihat dari total pesawat tempur yang dimilikinya. Tercatat sebanyak 69 pesawat tempur dimiliki Ukraina. Sedangkan Indonesia hanya memiliki 41 pesawat tempur.

Helikopter tempur yang dimiliki Ukraina juga lebih banyak dengan jumlah 34 buah, sedangkan Indonesia memiliki 15 saja.

Beralih ke kekuatan angkatan darat dari kedua negara, sebanyak 314 tank dimiliki oleh Indonesia, sedangkan Ukraina memiliki jumlah tank yang jauh lebih banyak, yakni 2,596 buah.

Kemudian, dalam hal mobil lapis baja, artileri dan peluncur roket, Ukraina juga mendominasi dengan jumlah yang lebih banyak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2653 seconds (11.97#12.26)