5 Danpaspampres yang Miliki Brevet Kopassus, 2 di Antaranya Panglima TNI

Kamis, 27 Oktober 2022 - 16:55 WIB
loading...
5 Danpaspampres yang Miliki Brevet Kopassus, 2 di Antaranya Panglima TNI
Jenderal TNI (Purn.) Endriartono Sutarto, mantan Danpaspampres pemilik brevet kopassus. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat limaKomandan Paspampres yang memiliki brevet dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Dalam sejarahnya, untuk mendapatkan brevet diperlukan kualifikasi tertentu.

Dilansir dari laman kopassus.mil.id, tanda kualifikasi brevet kopassus ini melambangkan bahwa prajurit yang mengenakannya telah dididik dan dilatih. Sehingga mereka memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang operasi darat, laut dan udara.

Baca juga : Ini 3 Jenderal Bintang Tiga yang Pernah Jadi Komandan Paspampres

Sebagai Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), prajurit yang memiliki brevet ini sudah dipastikan terampil dalam hal pengamanan dan persenjataan.

Dari sekian banyak anggota TNI yang menjabat sebagai Komandan Paspampres hanya beberapa saja yang memiliki Brevet Kopassus.

Berikut Lima Danjen Paspampres yang Memiliki Brevet Kopassus :

1. Jenderal TNI (Purn.) Endriartono Sutarto

Mantan Panglima TNI yang menjabat pada 2002 hingga 2006 ini memiliki Brevet Komando Kopassus yang tersemat di seragam kebesarannya.

Pria kelahiran Purworejo 29 April 1947 ini menjabat sebagai Danjen Paspampres di tahun 1997 sampai 1998 era kepemimpinan Presiden Soeharto sebelum mengundurkan diri dari jabatannya.

Selain memiliki Brevet Komando Kopassus, Jenderal Endriartono Sutarto juga memiliki Brevet Para Utama, Brevet Kualifikasi Intai Amfibi, Brevet Denjaka, Wing Penerbang TNI AU, Master Parachutist Badge (US Army), dan Pathfinder Badge (US Army).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)