Prabowo: Perlu Investasi di Bidang Pertahanan untuk Jaga Kekayaan Indonesia

Kamis, 27 Oktober 2022 - 16:36 WIB
loading...
Prabowo: Perlu Investasi di Bidang Pertahanan untuk Jaga Kekayaan Indonesia
Menhan Prabowo Subianto dalam konferensi pers rencana kegiatan Indo Defence 2022 Expo & Forum di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (27/10/2022). FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyoroti rendahnya anggaran di bidang pertahanan . Menurut Prabowo, pertahanan yang mumpuni merupakan kekuatan untuk menjaga kekayaan Indonesia.

"Kita perlu investasi lebih untuk menjamin bahwa kita bisa menjaga, terutama keutuhan wilayah kita. Kedua, kekayaan bangsa kita tidak dicuri dan dirampas oleh pihak-pihak luar," kata Prabowo dalam konferensi pers rencana kegiatan Indo Defence 2022 Expo & Forum di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Menurut Prabowo, negara harus berani mengeluarkan biaya di bidang pertahanan untuk menjaga kekayaan Indonesia. "Demi kepentingan negara, menurut saya kita harus mau mengeluarkan cukup untuk bisa menjaga kekayaan kita, kalau enggak kekayaan kita diambil bangsa lain," ujarnya.



Prabowo memberi contoh, anggaran pertahanan sebesar USD2 miliar dapat menjaga hasil ekonomi dari kelautan Indonesia yang mencapai Rp400 triliun atau USD20 miliar per tahun.

"Masa sih kita nggak bersedia untuk mengeluarkan uang USD 2 miliar untuk menjaga USD20 miliar? Kan begitu ya kan? Menjaga laut kita yang luas sekali kita perlu kapal maritim patroli, maritime patrol aircraft. Kita perlu kapal-kapal, kita perlu satelit, dan sebagainya," ujarnya.

"Tapi bilang mahal satelit. Loh kekayaan kita besar, kita harus jaga, kalau kalian tahu kekayaan kita besar, perlu dijaga nggak? Yang ini kadang-kadang pandangan orang yang menurut saya kurang jeli, kurang logis, atau saya tidak tahu," katanya.

Baca juga: Daftar Menteri Pertahanan Era Reformasi, Wiranto hingga Prabowo Subianto

Prabowo mengatakan Indonesia menjadi negara dengan pengeluaran bidang pertahanan terkecil di Asia. Dia menyebut anggaran untuk program pertahanan hanyalah 0,88% dari APBN. "Program kita sekarang 0,88%, kalau saya rinciin kita nggak sampai 1%, sejauh itu 3%. Kita termasuk yang terkecil dari kawasan, jadi tentunya ini akan mempengaruhi totalitas daripada kekuatan pertahanan kita," kata Prabowo.

"Jadi tetap kendalanya adalah berapa sih nilai kedaulatan kita? Berapa sih kemerdekaan kita?" ujarnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2272 seconds (0.1#10.140)