Ketua PBNU Eman Suryaman Sebut Pentingnya Mengangkat Harkat Derajat Perempuan

Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:11 WIB
loading...
Ketua PBNU Eman Suryaman Sebut Pentingnya Mengangkat Harkat Derajat Perempuan
Ketua PBNU KH Eman Suryaman mengatakan, diangkatnya derajat perempuan dimulai pada zaman Nabi Muhammad. Hal ini dikatakan Eman Suryaman terkait film Nariti. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua PBNU KH Eman Suryaman mengatakan, diangkatnya harkat derajat perempuan dimulai pada zaman Nabi Muhammad. Hal ini dikatakan Eman Suryaman terkait film Nariti.

Eman mengatakan, film tersebut sebagai sebuah karya seni yang mengangkat harkat dan martabat perempuan, serta bisa menjadi landasan untuk melawan beragam hal-hal tersebut.
Ketua PBNU Eman Suryaman Sebut Pentingnya Mengangkat Harkat Derajat Perempuan

Pandangan Eman ini disampaikan pada gelaran gala premiere di Epicentrum XXI, Rasuna Epicentrum, Jl HR Rasuna Said, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu 23 Oktober 2022.

"Nabi Muhammad saja ketika melihat para kaum perempuan yang terhinakan, dimulailah Sunnah Rasul untuk mengangkat harkat dan derajat perempuan yang sangat luar biasa. Itulah hikmahnya menonton film ini karena banyak hal yang bisa dipetik," kata Eman.

Baca juga: Melindungi Perempuan, Memberi Pendidikan

Peraih gelar Doktor dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2008 tersebut menjelaskan, hal ini sangat baik untuk semua kalangan dari semua usia dan dianjurkan para orang tua agar bisa menonton film ini.

"Orang tua kan menjadi bagian penting dalam edukasi di masyarakat," tutup Dosen Ilmu Filsafat Univefsitas Nahdlatul Ulama Cirebon ini.

Sementara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasona Hamonangan Laoly yang turut dalam gala premiere ini memberikan apresiasi yang tinggi untuk jalan ceritanya, ia juga mengajak seluruh elemen bangsa menonton film ini.

"Mari teman-teman, siapa saja, mulai dari yang muda sampai yang tua, tonton Film Nariti! Saya recommend. Mantap!" ajak peraih gelar Kaanib Ng Bayan Award dari Pemerintah Filipina ini.

Tak hanya itu, Yasona juga menjelaskan bahwa film ini banyak menampilkan nilai-nilai yang perlu kita teladani tentang hidup. Banyak pengajaran-pengajaran yang terkandung dalam dialog-dialog yang termuat dalam film ini.

Dengan banyaknya hal positif yang terkandung dalam film ini, mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas HKBP Nomensen ini tak ragu memberikan rating tinggi untuk film yang nantinya juga akan tayang di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam tersebut.

"Kalau saya katakan ini delapan bisa ini. Delapan plus, Mantap!" pungkasnya.

Gala Premiere film Nariti juga dihadiri oleh Menkumham Yasona Hamonangan Laoly, Anggota DPR sekaligus Sekjen PDIP Hasto Krisyanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, dan Ketua PBNU KH Eman Suryaman.

Film Nariti yang dibintangi Zoe Jackson, Bastian Steel, Yogi Werner, Paramitha Rusady, dan Agus Melasz ini mengangkat kisah cinta remaja berlatar budaya Batak dan resmi ditayangkan serentak di bioskop seluruh Indonesia mulai 3 November 2022.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)