Daftar Menteri Pertahanan Era Reformasi, Wiranto hingga Prabowo Subianto

Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:05 WIB
loading...
Daftar Menteri Pertahanan Era Reformasi, Wiranto hingga Prabowo Subianto
Menhan Prabowo Subianto (kanan) bersama dengan mantan Menhankam/Panglima ABRI Wiranto, pada perayaan syukuran HUT ke-77 TNI. Foto/Instagram @kemhanri
A A A
JAKARTA - Daftar Menteri Pertahanan ( Menhan ) era Reformasi penting diketahui. Bukan cuma diisi tokoh militer seperti Wiranto dan Prabowo Subianto, kursi Menhan juga beberapa kali dipercayakan kepada kalangan sipil.

Sebelum masuk pembahasan daftar Menhan sepanjang era Reformasi, perlu kita ketahui tentang Kementerian Pertahanan. Kemhan, demikian singkatan dari kementerian ini, adalah unsur pelaksana pemerintah dipimpin oleh Menteri Pertahanan yang selanjutnya disebut Menhan yang berkedudukan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Kementerian pertahanan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara

Era Reformasi dimulai sejak lengsernya Soeharto pada 21 Mei 1998. Setelah Soeharto lengser, BJ Habibie yang sebelum menjabat wakil presiden, naik menjadi presiden. BJ Habibie langsung membentuk kabinet yang diberi nama Kabinet Reformasi Pembangunan.

Di Kabinet Reformasi Pembangunan ini, Wiranto menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhankam) merangkap sebagai Panglima Angkatan Bersenjata. Kini, Menhan dijabat oleh Prabowo Subianto.

Berikut ini SINDOnews tampilkan daftar Menhan era Reformasi:

1. Wiranto

Wiranto merupakan tokoh militer dengan pangkat terakhirnya adalah jenderal. Pada Kabinet Pembangunan VII, pria kelahiran Yogyakarta, 4 April 1947 ini diangkat Soeharto sebagai Menhankam/Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Masa bakti kabinet ini 14 Maret 1998 sampai dengan 21 Mei 1998.

Setelah Soeharto lengser dan Habibie naik menjadi presiden, Wiranto tetap dipercaya menjabat sebagai Menhankam/Pangab. Masa bakti kabinet Habibie yang diberi nama Kabinet Reformasi Pembangunan tersebut sejak 21 Mei 1998 sampai dengan 26 Oktober 1999.

2. Juwono Sudarsono
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1790 seconds (10.55#12.26)