Anies Wajib Jaga Momentum di Tengah Kepuasan Publik, Pengamat: Harus Mendengar Rakyat

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 19:37 WIB
loading...
Anies Wajib Jaga Momentum di Tengah Kepuasan Publik, Pengamat: Harus Mendengar Rakyat
Mantan Gubernur DKI Jakarta. Anies Baswedan harus mampu menjaga momentum di tengah kepuasan publik dengan cara terus mendengarkan rakyat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil terbaru penelitian Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan kepuasan masyarakat atas kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Momentum positif tersebut harus tetap dijaga hingga pencalonan dirinya sebagai presiden di Pilpres 2024.

Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute, Achmad Nur Hidayat, menyambut baik hasil survey tersebut. Survei tersebut, kata Achmad, menunjukkan Anies Baswedan yang telah terpilih dalam Pilkada Jakarta 2017 telah benar-benar menunaikan janji-janji kampanyenya kepada publik di Ibu Kota.

“Anies harus terus banyak mendengar. Turun ke desa dan kampung-kampung mendengar keluh kesah rakyat dan juga berbagi ke berbagai daerah bagaimana pengalaman memimpin Ibu Kota,” kata Achmad, Sabtu (22/10/2022).

Baca juga: Gelar Pertemuan, PKS, Nasdem, dan Demokrat Godok Cawapres untuk Anies Baswedan

Menurutnya, kerja yang dilakukan Anies Baswedan selama menjabat sebagai gubernur benar-benar dirasakan oleh warga DKI Jakarta. Hal tersebut tentu saja tercermin dalam hasil survei LSI terkait tingkat kepuasan warga Jakarta soal kepemimpinannya.

Kendati demikian, Anies harus mulai membentuk tim sukses berisikan para expert di berbagai bidang, termasuk bidang komunikasi politik yang tugasnya menjadi juru bicara sekaligus menyampaikan rencana-rencana Anies ke depan dan menyerang balik isu-isu yang bertujuan mendeligitimasi mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga: Hebat! Mantan Sopir Ini Lulusan Terbaik Akmil Jepang dan Pelatih Menembak Rudal Javelin

“Tentunya akan sangat berefek (kepuasan masyarakat Jakarta terhadap kepemimpinannya), meskipun momentum tersebut harus dijaga karena pemilu masih dua tahun lagi,” tegasnya.

Pasangan Anies Baswedan dan Riza Patria telah menyelesaikan jabatannya sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022. Hasil penelitian Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan mayoritas warga Jakarta puas terhadap kinerja Anies-Riza. Sebanyak 80,9% masyarakat di DKI menyatakan puas atas kinerja gubernur. ”Ini cukup tinggi dan konsisten dengan penilaian yang positif terhadap kondisi umum di Jakarta,” ucapnya.

Penilaian warga Jakarta terhadap mantan wakil gubernur Riza Patria pun positif meski tak setinggi Anies Baswedan. Sebanyak 61,7% masyarakat ibu kota puas atas kinerja Riza.

Survei ini LSI lakukan pada 8-14 Oktober 2022 dengan melibatkan 610 responden berumur 17 tahun atau lebih, atau yang sudah menikah. Sampel diambil menggunakan metode multistage dengan margin of error lebih kurang 4% pada tingkat kepercayaan 95%.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2343 seconds (10.101#12.26)