Survei LSI: TNI Paling Dipercaya Publik, Polri di Peringkat 10

Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:57 WIB
loading...
Survei LSI: TNI Paling Dipercaya Publik, Polri di Peringkat 10
Hasil survei LSI pada Oktober 2022 ini menempatkan institusi TNI menjadi lembaga yang paling dipercaya publik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil survei LSI pada Oktober 2022 ini menempatkan institusi TNI menjadi lembaga yang paling dipercaya publik. Sementara, Polri berada di peringkat kesepuluh.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam paparan hasil surveinya secara daring. Dalam data yang dipaparkan, terlihat TNI menduduki peringkat teratas dengan tingkat kepercayaan sebesar 88%. Sementara, publik yang kurang atau tidak percaya angkanya sebesar 9%. "TNI dan Presiden yang tetap tertinggi di angka 80% atau lebih," kata, Kamis (20/10/2022).

Di peringkat kedua ditempati presiden dengan tingkat kepercayaan sebesar 80%. Sementara, yang kurang atau tidak percaya sebesar 17%. Selanjutnya, Mahkamah Agung (MA) yang memproleh tingkat kepercayaan sebesar 67%. Sedangkan, yang kurang atau tidak percaya sebesar 22%.



Sedangkan, peringkat keempat diisi oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tingkat kepercayaan sebesar 62%. Sementara, yang menyatakan kurang atau tidak percaya sebesar 23%. Lembaga berikutnya ditempati pengadilan dan Kejaksaan Agung yang sama-sama mendapatkan tingkat kepercayaan sebesar 60%. Publik yang kurang atau tidak percaya pun sama, yakni sebesar 29%.



Di posisi ketujuh diduduki oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan tingkat kepercayaan sebesar 59%. Sementara, yang kurang atau tidak percaya sebesar 33%. Selanjutnya, posisi kedelapan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mendapat tingkat kepercayaan sebesar 56%. Sedangkan, publik yang kurang atau tidak percaya sebesar 36%.

Sementara di peringkat kesembilan, ditempati Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tingkat kepercayaan sebesar 54%. Sementara yang kurang atau tidak percaya sebesar 39%. Berikutnya, Polri menduduki peringkat kesepuluh dengan tingkat kepercayaan 53%. Sementara, yang kurang atau tidak percaya sebesar 45%.

Selanjutnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendapat tingkat kepercayaan sebesar 48%. Sementara, publik yang kurang atau tidak percaya sebesar 47%. Terakhir, diduduki oleh partai politik yang memperoleh tingkat kepercayaan sebesar 44%. Sementara, publik yang kurang atau tidak percaya sebesar 49%

Untuk diketahui, survei LSI ini dilakukan pada 6-10 Oktober 2022 melalui telepon. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 1.212 responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD merupakan teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Adapun, margin of error yang diterapkan dalam survei ini sebesar ±2,9%, dengan tingkat kepercayaan 95%.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)