Survei Ungkap Kepercayaan ke TNI Tertinggi, Pengamat: Prabowo Berpeluang Besar Teruskan Jokowi

Kamis, 01 September 2022 - 09:19 WIB
loading...
Survei Ungkap Kepercayaan ke TNI Tertinggi, Pengamat: Prabowo Berpeluang Besar Teruskan Jokowi
Pengamat Politik Arif Nurul Iman menilai, tingginya tingkat kepercayaan publik itu tak lepas dari tangan dingin Menhan Prabowo Subianto. Foto/Dok/MPI
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil surveinya terkait kepercayaan publik atas kinerja lembaga negara. Dalam survei tersebut, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi yang tertinggi mendapat kepercayaan publik.

Pengamat Politik Arif Nurul Iman menilai, tingginya tingkat kepercayaan publik itu tak lepas dari tangan dingin Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto .

"Saya kira itu peran kinerja TNI dan tentu saja, langsung atau tidak, ada peran kinerja Menhan Prabowo Subianto," kata Arif, Kamis (1/9/2022).



Sebagai informasi, dalam survei yang dirilis oleh LSI pada Rabu 31 Agustus 2022, 26 persen responden mengaku sangat percaya terhadap TNI. Kemudian, 67 persen lainnya mengaku cukup percaya, sedangkan sisanya menyatakan kurang percaya.

TNI menjadi yang teratas dipercaya publik ketimbang beberapa elemen lain seperti Presiden, MA, MK, KPU hingga partai politik. Survei tersebut dilakukan secara random (multistage random sampling) dengan total 1.220 responden yang berusia di atas 17 tahun.



Adapun, margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Kinerja Prabowo sebagai Menhan yang memperkuat TNI pun selama ini mendapatkan kepercayaan publik yang tinggi.

Indonesia Survei Center (ISC) yang dirilis mengungkap bahwa, ektabilitas Prabowo meroket hingga mencapai 30,4 persen. Sementara elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan stagnan di angka 19,1 dan 13,0 persen.

Tingginya elektabilitas Prabowo ini adalah anggapan masyarakat bahwa Prabowo dengan kinerja dan kapabilitasnya sebagai Menhan memiliki kemampuan mengatasi tantangan negara di tengah isu keamanan dunia dan krisis pangan dunia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)