Enggartiasto Ajak Pengusaha Bantu Pemerintah Atasi Corona

Senin, 27 April 2020 - 17:53 WIB
loading...
A A A
"Inilah saatnya kita berbuat. Wabah seperti ini tak pernah terjadi. Saudara-saudara kita bergelimpangan, apa bisa kita diam? Tidak kan. Kita harus berurun tangan, semuanya," serunya.

Sumbangan guna penanganan covid-19 ini adalah kali kelima yang diberangkatkan Enggartiasto, Sumadi Seng, dan Then Herry. Yang berhasil digalang Enggar meliputi 1,3 juta masker bedah, 300.000 masker KN-95, 40.000 pelindung wajah (face shield), 60.000 medical safety suit (alat pelindung diri/APD), dan sarung tangan medis 100.000 set.

Selain itu, Enggar dan yayasan Sahati juga menyiapkan 175 ribu unit alat rapid test dan yang akan datang adalah 30 unit ventilator.

Enggar menegaskan pihaknya memprioritaskan membeli alat kesehatan produksi dalam negeri selama memenuhi standar. ( )

Enggartiasto Lukita sebelumya adalah Menteri Perdagangan pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo jilid I. Dalam periode 2016-2019, dia dinilai mampu mengendalikan harga bahan pokok, terutama mendekati hari besar Ramadhan dan Idul Fitri.

Dia juga dinilai berhasil membangun dialog dengan para pengusaha di berbagai sektor untuk menstabilkan harga. Salah satu terobosan Enggar adalah melaksanakan pasar murah Ramadan yang barang-barangnya berasal dari dunia usaha dan hasil penjualannya disumbangkan kembali ke pesantren, panti asuhan, atau lembaga sosial lainnya.

Di Jakarta, alat-alat itu didstribusikan ke RS Persahabatan, RS Fatmawati, Puskesmas Kebayoran Lama, Puskesmas Kebayoran Baru, RS Agung di Manggarai, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, dan RSUD Pasar Minggu.

Di Surabaya, rumah sakit penerima bantuan adalah RS Brawijaya, RS Universitas Airlangga, RS Katolik St. Vincentius A Paulo, RSAL Drg. M. Nainggolan, dan RS Gotong Royong.

Selain di dua kota itu, bantuan juga akan didistribusikan juga ke Solo, Yogyakarta, Cirebon, dan Banyuwangi. “Saya juga mengimbau kepada seluruh warga negara melakukan apa pun yang kita bisa untuk ikut mengatasi pandemi Covid-19 ini. Semoga Tuhan melindungi Indonesia,” kata Enggar.
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)