SBY Sampaikan 2 Kabar Buruk, Apa Ya?

Selasa, 11 Oktober 2022 - 12:09 WIB
loading...
SBY Sampaikan 2 Kabar Buruk, Apa Ya?
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membagikan dua kabar buruk melalui akun Twitternya, @SBYudhoyono, Selasa (11/10/2022). Foto: Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) membagikan dua kabar buruk melalui akun Twitternya, @SBYudhoyono, Selasa (11/10/2022). Kabar buruk saat ini yang dimaksud SBY tentang dunia.

“Ada 2 berita buruk saat ini tentang dunia kita. Pertama, resesi ekonomi global sepertinya bakal terjadi (simak pernyataan IMF & Bank Dunia). Kedua, perang di Ukraina makin membahayakan bagi keamanan internasional (ikuti perkembangan terkini di Ukraina). SBY,” cuit SBY.

SBY mengatakan bahwa resesi ekonomi global pasti semakin memukul kehidupan semua bangsa yang saat ini sudah dalam keadaan susah. “Jika perang di Ukraina makin “liar” & tidak terkendali, terjadinya perang dunia disertai penggunaan senjata nuklir bisa menjadi kenyataan. SBY,” kata Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini.





“Kita tahu dampak buruk jika krisis ekonomi global terjadi disertai “cost of living crisis”, & perang besar terjadi di Eropa yg libatkan Barat (AS & sekutunya) melawan Rusia & sekutunya. Tentunya kita tdk ingin mengalami lagi Great Depression sebelum Perang Dunia II dulu. SBY,” ujarnya.

Lebih lanjut SBY mengatakan bahwa situasi dunia akan makin runyam jika geopolitik di Asia Timur yang sudah panas akhirnya menjadi konflik militer terbuka Tiongkok versus Taiwan dan pendukungnya termasuk Amerika Serikat. “Ingat, Perang Dunia II dulu, mandala besarnya ada di Eropa & Asia. Haruskah kita biarkan terjadi lagi? SBY,” tutur SBY.

Menurut SBY, jika keadaan makin tidak terkendali alias goncangan ekonomi dan keamanan global, sementara pandemi Covid-19 masih ada, penyelamatan bumi dari pemanasan global akan gagal karena dunia tidak lagi peduli dan bukan prioritas. “Dunia bisa alami “triple crises” ~ keamanan, ekonomi & lingkungan. SBY,” imbuhnya.

Dia pun mengimbau para pemimpin dunia termasuk PBB bertindak secara nyata untuk menyelamatkan dunia. “Inaction is immoral. Gunakan Forum G-20 di Bali ‘to save our world, to save our planet’. Turunkan ego masing-masing. Negosiasi & perundingan adalah jawaban. SBY,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)