Arti dan Sejarah Doktrin TNI AL Jalesveva Jayamahe

Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:40 WIB
loading...
Arti dan Sejarah Doktrin TNI AL Jalesveva Jayamahe
Sejumlah prajurit Denjaka TNI AL mengikuti Upacara HUT ke-77 TNI AL di Kompleks Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (12/9/2022). FOTO/ANTARA/M Risyal Hidayat
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ( TNI AL ) memiliki doktrin Jalesveva Jayamahe. Semboyan yang diambil dari bahasa Sansekerta itu memiliki arti 'Justru di Lautan Kita Menang' atau 'Kejayaan Kita Ada di Laut'.

TNI AL merupakan salah satu angkatan bersenjata Indonesia yang memiliki tanggung jawab menjaga keamanan negara dan menjalankan tugas diplomasi untuk mendukung kebijakan luar negeri di wilayah laut. Dalam menjalankan tugasnya, TNI AL selalu membawa semboyan Jalesveva Jayamahe.

Apa itu Jalesveva Jayamahe? Berikut ini arti dan sejarah doktrin TNI AL Jalesveva Jayamahe.

Jalesveva Jayamahe merupakan semboyan yang selalu digaungkan oleh TNI AL.Semboyan ini diambil dari bahasa Sanskerta atau Jawa Kuno. Jalesveva terdiri dari dua kata dasar, jalesu dan eva. Jalesu diambil dari kata dasar, jala, yang berarti air. Lalu eva merupakan partikel kata yang memiliki arti 'lah'.



Sedangkan Jayamahe merupakan kata kerja yang berasal dari kata dasar ji yang dikonjugasi, dan apabila diterjemahkan memiliki makna 'kita berjaya'.

Jika digabungkan, Jalesveva Jayamahe memiliki arti 'di air-airlah kita berjaya'. Namun seiring berjalannya waktu, semboyan tersebut kerap diterjemahkan sebagai 'Justru di Laut Kita Jaya'. Semboyan ini sangat lekat dengan citra TNI AL yang bekerja dan bisa berjaya jika mereka berada di wilayah laut.

Secara keseluruhan, doktrin ini tercantum dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/V/2018 tentang Doktrin TNI AL Jalesveva Jayamahe. Doktrin inilah yang menjadi pedoman bagi para prajurit TNI AL dan diyakini sebagai doktrin kejayaan Indonesia yang merupakan negara maritim.

Baca juga: Cetak Rekor MURI, TNI AL Persembahkan Kado Spesial di HUT ke-77 TNI

Tujuan digaungkannya doktrin ini adalah untuk menjaga kepentingan negara yang melalui batas-batas laut agar tetap terlindungi. Untuk itu, para prajurit TNI AL melakukan pembinaan kekuatan sembari meyakinkan diri dan membangkitkan semangat dengan menggaungkan Jalasveva Jayamahe.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1130 seconds (10.177#12.26)