Pesan Wapres kepada KASN: Tantangan Birokrasi ke Depan Tak Ringan

Kamis, 06 Oktober 2022 - 13:44 WIB
loading...
Pesan Wapres kepada KASN: Tantangan Birokrasi ke Depan Tak Ringan
Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan tren tantangan birokrasi ke depan tidak ringan, mengingat Indonesia akan dihadapkan pada lingkungan yang berubah dinamis. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan tren tantangan birokrasi ke depan tidak ringan. Mengingat Indonesia selalu akan dihadapkan pada lingkungan strategis internasional, nasional dan daerah yang berubah dengan dinamis.

Selain itu kata Wapres , pemanfaatan platform digital dalam pelayanan publik, termasuk pola kerja di birokrasi pun menjadi bukti tingginya dinamika yang terjadi.

Oleh karena itu, Wapres memberikan tiga pesan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai salah satu instansi yang terkait dalam penataan birokrasi, perlu meningkatkan perannya melalui tiga langkah strategis.

"Pertama, rumuskan ekosistem seleksi kepemimpinan ASN yang adaptif guna membangun pemimpin publik yang transformatif," tegas Wapres ketika menghadiri secara virtual Pemberian Anugerah Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 dan Launching Sistem lnformasi Jabatan Pimpinan Tinggi (SIJAPTI) 4.0 di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Rekomendasi KASN Mulai Dikaji, Pembatalan Mutasi Berpotensi Dilakukan

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, dengan ekosistem seleksi yang adaptif, dapat muncul talenta-talenta Sumber Daya Manusia (SDM) yang kapabel dan berdaya saing.

"Dengan ekosistem yang baik, akan lahir pemimpin yang memiliki ide visioner, sekaligus mampu melakukan eksekusi kebijakan dan langkah-langkah konkret dalam menjawab tantangan pembangunan," jelas Wapres.

Kedua, sebagai negara yang penuh dengan keberagaman dan memiliki SDM Aparatur Sipil Negara yang tersebar di seluruh Indonesia, menurut Wapres, KASN perlu mendesain strategi nasional yang terpadu untuk menciptakan dan memperkuat fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu dalam ikatan kebangsaan.

"Otonomi Daerah dan desentralisasi janganlah mengotak-ngotakkan kita dalam semangat kedaerahan. Namun, marilah kita kuatkan visi besar otonomi daerah, bahwa daerah yang maju akan berkontribusi bagi Indonesia yang maju," imbaunya.

Ketiga, Wapres menekankan perlunya penguatan peran KASN dalam pengawasan sistem merit di era demokrasi. Baca juga: KASN Sebut Waspadai Politik Balas Budi Usai Pilkada

"Prinsip netralitas dan profesional harus menjadi platform bersama bagi para pengambil kebijakan di pusat dan daerah. Di sinilah, pentingnya peran KASN dalam menjaga relasi birokrasi dan visi kepemimpinan sesuai prinsip meritokrasi. Kiranya kita membangun wajah birokrasi yang mendukung agenda transformasi Indonesia Emas 2045," tuturnya.

Menutup sambutannya, Wapres berpesan, agar acara penganugerahan hari ini dapat menjadi motivasi untuk mendorong penataan birokrasi dan ASN yang lebih baik lagi kedepannya.

"Akhir kata, saya mengapresiasi Komisi Aparatur Sipil Negara yang telah menyelenggarakan acara ini, sebagai momentum pendorong akselerasi dan evaluasi untuk mewujudkan SDM ASN berkelas dunia sebagaimana diamanatkan undang-undang," pungkas Wapres.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2606 seconds (11.97#12.26)