Ini 3 Jenderal TNI yang Punya Brevet Wing AU dan Kopassus

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:40 WIB
loading...
A A A
2. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

Mantan Panglima TNI yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan itu merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1981 dengan meraih predikat Adhi Makayasa. Tak heran bila dia memiliki sejumlah brevet populer.

Penyematan Brevet Komando kepada KSAD Jenderal TNI Moeldoko itu diberikan oleh Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo pada 2013 lalu.

Sedangkan untuk penyematan Wing Penerbang Kehormatan diberikan oleh Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia di tahun yang sama.

Jenderal TNI Moeldoko juga memiliki beberapa brevet lain macam, brevet Free Fall, brevet Jump Master, brevet Taipur, Wing Penerbad, Wing Penerbang TNI AU, brevet Hiu Kencana, brevet Tri Media Taifib, brevet Komando Paskhas, brevet Parachutist Thailand.

Baca juga : Langka! Cuma 5 Jenderal TNI yang Punya Brevet Kopassus dan Denjaka

3. Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto

Jenderal TNI Endriartono Sutarto merupakan Panglima TNI pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selama berada di militer dia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-22, Wakil KSAD, hingga Dansesko TNI.

Tercatat bahwa jebolan AKABRI yang sekarang bernama Akmil 1971 ini juga termasuk ke dalam Jenderal TNI yang memiliki wing dari Angkatan Udara dan brevet dari Kopassus.

Selain kedua brevet tersebut dia juga memiliki brevet kualifikasi Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir, kemudian Pathfinder Badge US Army, dan Master Parachutist Badge US Army.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)