HUT ke-77 TNI, Jokowi: TNI Selalu di Garda Terdepan Dalam Menghadapi Tantangan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 10:50 WIB
loading...
HUT ke-77 TNI, Jokowi: TNI Selalu di Garda Terdepan Dalam Menghadapi Tantangan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) selalu berada di garda terdepan dalam menghadapi berbagai tantangan. Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022). Jokowi mengatakan bahwa TNI selalu berada di garda terdepan dalam menghadapi berbagai tantangan.

"Sebagaimana telah dibuktikan dalam sejarah perjalanan Indonesia, TNI selalu berada di garda terdepan dalam menghadapi setiap tantangan-tantangan yang ada, terutama dalam menghadapi berbagai krisis yang kita hadapi," ujar Jokowi dalam amanatnya pada upacara peringatan HUT ke-77 TNI.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut bahwa saat ini Indonesia dan semua negara sedang menghadapi tantangan yang sangat berat. Setelah pandemi Covid-19 mereda, kata Jokowi, dunia saat ini diterpa krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial.

"Perang Rusia-Ukraina juga semakin memperparah keadaan. Situasi ekonomi dunia dipenuhi dengan ketidakpastian dan geopolitik dunia yang semakin memanas. Dalam menghadapi situasi itu, kita bangsa Indonesia harus terus hati-hati dan waspada," tutur Jokowi.

Jokowi pun menyampaikan rasa terima kasih kepada TNI atas dedikasinya dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara. "Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia," jelasnya.

"Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat HUT ke-77 kepada Tentara Nasional Indonesia di mana pun saudara-saudara berada dan bertugas," imbuhnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)