Demokrat Ingin AHY Jadi Tandem Anies, PKS Pasang Ahmad Heryawan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 05:59 WIB
loading...
A A A
Hal senada juga dikatakan oleh Deputi Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. “Anies-AHY bisa menjadi dwitunggal yang saling melengkapi dan menggenapkan satu sama lainnya. Mereka berdua adalah figur yang paling pas merepresentasi aspirasi sebagian besar rakyat untuk perbaikan dan perubahan ke arah Indonesia yang lebih maju, demokratis, adil, dan sejahtera,” kata Kamhar Lakumani.

Dia menilai keputusan Nasdem mendeklarasikan Anies sebagai bakal capres 2024 sejalan dengan aspirasi segenap kader Partai Demokrat dan sebagian besar masyarakat yang tercermin pada hasil survei berbagai lembaga survei yang menempatkan pasangan Anies-AHY paling diinginkan publik dengan elektabilitas tertinggi. “Keduanya juga dikenal cerdas, memiliki kompetensi, dan kualitas kepemimpinan yang memadai serta chemistry yang pas,” pungkasnya.

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu berharap keputusan Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024 mendatangkan kebaikan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Dia menambahkan, PKS memandang bahwa figur Anies Baswedan adalah salah satu tokoh nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, berjiwa nasionalis religius, memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa, dan mampu menjadi simbol perubahan untuk Indonesia di masa mendatang.

Dia melanjutkan, setiap partai politik memiliki mekanisme internal dalam memutuskan sikapnya terkait koalisi dan pencapresan. “Keputusan koalisi dan pencapresan di internal PKS akan ditentukan dalam mekanisme Musyawarah Majelis Syuro,” ungkapnya.

Dia mengatakan, PKS bersyukur bahwa komunikasi politik antara PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat berlangsung sangat baik, terbuka, setara, dan mengedepankan rasa saling percaya untuk bersama-sama memilih calon pemimpin bangsa yang terbaik bagi rakyat Indonesia.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengungkapkan bahwa Majelis Syura PKS sudah memutuskan untuk mendukung bakal capres 2024 yang memenuhi kriteria nasionalis religius, bisa menghadirkan perubahan, rekam jejak yang berprestasi serta positif untuk bangsa dan negara. “Dan sosok seperti Pak Anies memenuhi kriteria tersebut. Sekalipun PKS belum mengumumkan secara resmi nama bakal capres yang akan diusungnya,” kata Hidayat Nur Wahid (HNW) kepada SINDOnews.

Sedangkan untuk bakal cawapres 2024, kata dia, ada beberapa kader PKS yang memenuhi kriteria internal partainya. Dia menuturkan kriteria internal PKS itu juga senada dengan apa yang diinginkan Anies.

“Nama-namanya sudah ada paling tidak ada 6 nama yang sudah disiapkan. Tentu definitifnya akan dimusyawarahkan atau dibicarakan dengan rekan-rekan partai koalisi dan bakal capres dalam semangat musyawarah mufakat,” tutur HNW.

Namun, HNW enggan membeberkan 6 nama yang disiapkan PKS tersebut. Juru Bicara PKS Pipin Sopian membocorkan satu dari 6 nama yang disiapkan partainya, yaitu mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Ahmad Heryawan atau Aher juga menjabat Wakil Ketua Majelis Syuro PKS. "Kang Aher, Ahmad Hermawan gubernur 2 periode. PKS sudah tawarkan beberapa nama ke calon mitra koalisi, salah satunya Kang Aher, beliau tokoh NU, sunda, dan punya rekam jejak," kata Pipin Sopian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3783 seconds (11.97#12.26)