Survei Simulasi Capres-Cawapres: Anies-AHY Bersaing Ketat dengan Ganjar-Airlangga

Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:50 WIB
loading...
Survei Simulasi Capres-Cawapres: Anies-AHY Bersaing Ketat dengan Ganjar-Airlangga
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo masih bersaing ketat berdasarkan hasil survei The Republic Institute. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Anies Baswedan dengan Ganjar Pranowo terus bersaing ketat dalam elektabilitas capres, bahkan bila disimulasikan dalam pasangan. Berdasarkan survei simulasi The Republic Institute, pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki yang bersaing ketat dengan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto.

"Sesuai poros sembilan parpol di parlemen, kemungkinan maksimal ada Paslon Capres-Cawapres" ujar Peneliti Utama The Republik Institute, Sufyanto dalam diskusi webminar dengan bertajuk Aspirasi dan Peta Elektabilitas Parpol serta Capres-Cawapres di Enam Provinsi se-Pulau Jawa, Selasa (4/10/2022)

Pada simulasi empat nama. Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto berada di posisi teratas dengan dukungan 23,5 persen responden. Anies Baswedan - AHY menyusul di urutan kedua dengan dukungan 21,8 persen, lalu Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar 19,4 persen, serta di tempat keempat Puan Maharani-Andika Perkasa 8,1 persen.



Sementara pada simulasi tiga pasangan calon dengan mengeliminasi Puan-Andika, Anies-AHY unggul tipis dari dua pasangan lain. "Kalau tiga pasang, Anies - AHY 28,7 persen, Ganjar - Puan 27,6 persen, dan Prabowo - Muhaimin Iskandar 22,4 persen. Untuk mencapai 50 persen belum bisa tiga pasang ini satu putaran," ungkapnya.

Berdasarkan lokasi suara, Jawa Barat dan Banten lebih mengarah Anies AHY dan Prabowo Subianto, sedangkan Ganjar cukup kuat di Jawa Tengah dan DIY. Jawa Timur menjadi arena pertempuran karena dukungan relatif berimbang.

Namun hasil survey mencatat partai pendukung Anies-AHY lebih solid. ‚ÄĚPertempuran suara ada di Jawa Timur. Yang paling solid pilihan parpol ada di Anies AHY, dari Demokrat bisa 51 persen, dari Nasdem 39 persen, dan dari PKS 38 persen," kata Sufyanto.

Survei The Republic Institute dilaksanakan pada 28 Agustus - 12 September 2022 lewat wawancara tatap muka langsung menggunakan multi stage random sampling, melibatkan sebanyak 1.200 responden dengan margin of error 2,8 persen.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4223 seconds (10.55#12.26)