BMKG Sebut Awal Oktober Sebagian Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Hujan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 14:50 WIB
loading...
BMKG Sebut Awal Oktober Sebagian Wilayah Indonesia Sudah Masuk Musim Hujan
BMKG menyebut pada awal Oktober 2022 sebanyak 40,3% zona musim (ZOM) di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) menyebut pada awal Oktober 2022 sebanyak 40,3% zona musim (ZOM) di Indonesia sudah memasuki musim hujan.

BMKG mengungkapkan, wilayah yang sedang mengalami musim hujan meliputi sebagian besar Pulau Sumatera, sebagian besar Pulau Kalimantan, sebagian besar Pulau Sulawesi bagian selatan, Maluku Utara, Maluku, dan sebagian Papua.

“Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 40,3% wilayah Indonesia masuk musim hujan. Umumnya curah hujan pada Dasarian III September 2022 umumnya berada di kriteria menengah (100 – 150 mm/dasarian),” bunyi keterangan tertulis BMKG, Selasa (4/10/2022)



BMKG juga melaporkan curah hujan tinggi dan sangat tinggi lebih dari 150 mm/dasarian terjadi di Aceh bagian timur, sebagian kecil Sumatera Utara, sebagian Sumatera Barat, sebagian, Sebagian kecil Kalimantan Barat, Sebagian kecil Kalimantan Tengah.



BMKG juga memprakirakan curah hujan pada Oktober dasarian I 2022 ini umumnya diprakirakan curah hujan berada di kriteria rendah - menengah (0 - 150 mm/dasarian). “Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria rendah kurang dari 50 mm/dasarian berada di sebagian NTT dan sebagian kecil Papua bagian selatan,” paparnya.

Kemudian, wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kriteria menengah 50 – 150 mm/dasarian berada di sebagian besar Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Malut, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

“Wilayah yang diprakirakan masih berpotensi mengalami curah hujan kriteria tinggi meliputi Kalimantan bagian tengah, dan sebagian Papua,” papar BMKG.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2962 seconds (0.1#10.140)