Nasdem Deklarasi Anies Capres, SMRC: Hanya Ganjar yang Bisa Mengalahkan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 11:53 WIB
loading...
Nasdem Deklarasi Anies Capres, SMRC: Hanya Ganjar yang Bisa Mengalahkan
PDIP disarankan mengusung Ganjar Pranowo dala Pilpres 2024. Alasannya Ganjar merupakan tokoh populer bersama Prabowo dan Anies. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah dideklarasikan Partai Nasdem sebagai capres 2024 . Deklarasi Nasdem ini 1 bulan lebih cepat dari yang awal direncanakan pada November 2022.

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad berpendapat, sudah saatnya PDIP mengusung calon yang juga populer. Saat ini ada tiga tokoh populer yang mencuat ke publik untuk menjadi kandidat Presiden 2024 mendatang. Dari ketiga nama itu, dua sudah dideklarasikan sebagai capres yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo .

"Yang jelas dari tiga tokoh yang populer ini kan sudah ada dua capres yang dideklarasikan oleh partai. Pertama Prabowo oleh Gerindra dan kedua Anies Baswedan oleh Nasdem," kata Saidiman, Selasa (4/10/2022).

Menurut Saidiman, PDIP harus mengambil sikap merespons deklarasi tersebut dengan mengusung calon yang juga populer. Ganjar Pranowo merupakan opsi yang tepat untuk diusung dalam Pilpres 2024. "Karena apabila salah menentukan pilihan, konsekuensinya kemungkinan PDI Perjuangan tidak akan menang dalam Pilpres 2024 nanti," tuturnya.

Saidiman menambahkan, Ganjar Pranowo merupakan pilihan yang tepat. Dirinya yakin PDIP akan semakin mengerucut pada sosok Ganjar Pranowo.

"Saya kira satu-satunya kader PDIP yang bisa mengalahkan Prabowo dan Anies itu hanya Ganjar. Jadi saya kira pilihannya sangat terbatas karena yang mereka lawan ini adalah tokoh populer. Setelah deklarasi ini saya kira PDIP akan makin mengerucut kepada Ganjar Pranowo karena hanya dia calon yang mampu bersaing," ujarnya.

Sementara itu, saat kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Senin (3/10/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut di Bandara Ahmad Yani oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Jokowi dan Ganjar bercengkrama bersama. Selanjutnya mereka langsung naik helikopter Super Puma TNI AU menuju Komando Distrik Militer (Kodim) di Kabupaten Batang, Jateng.

Sebelumnya pada Juni lalu, dalam sambutan di acara rakernas V Projo di Magelang, Presiden Jokowi belum menyatakan arah dukungannya untuk Pilpres 2024. Jokowi memberikan arahan kepada Projo untuk bersabar.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6167 seconds (0.1#10.140)