Taruna Akmil Latihan Antarkecabangan TNI AD, KSAD Dudung: Agar Tidak Semena-mena Jadi Pemimpin

Senin, 03 Oktober 2022 - 07:06 WIB
loading...
Taruna Akmil Latihan Antarkecabangan TNI AD, KSAD Dudung: Agar Tidak Semena-mena Jadi Pemimpin
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau mekanisme latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 400/BR di Puslatpur Kodiklatad, Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Minggu (2/10/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau mekanisme latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 400/BR di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Minggu (2/10/2022). Menurut Dudung, kali pertama Taruna Akademi Militer (Akmil) mengikuti latihan antarkecabangan ini bertujuan membentuk calon Komandan Peleton.

"Dalam waktu dekat ini mereka akan menjadi Komandan Peleton, sekitar enam bulan lagi. Artinya mereka harus sudah tahu bagaimana nantinya jadi Danton, memimpin anak buahnya," kata Dudung dikutip dari keterangan tertulis, Senin (3/10/2022).

Dudung menuturkan, pembentukan karakter sebagai pemimpin tidak hanya pandai dalam mengatur pasukan. Namun juga harus bisa memosisikan diri seperti Bintara dan Tamtama. "Sehingga ketika dia jadi pimpinan, tidak semena-mena dalam mengambil keputusan. Mereka betul-betul tahu persis apa yang dilakukan prajuritnya. Makanya saya latihkan, baru kali ini ada Taruna yang terlibat latihan, sehingga mereka bisa mengerti mekanisme, mereka bisa mengerti realisasi tentang latihan," kata mantan Pangkostrad ini.



Latihan yang digelar selama satu bulan ini melibatkan 1.051 prajurit dari berbagai kecabangan, seperti Infanteri, Kavaleri, Armed, Arhanud, Zeni, Perhubungan, dan Satuan Bantuan Administrasi. Tujuan latihan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan mekanisme hubungan komandan dan staf, komando pengendalian operasi dalam pertempuran, termasuk melatihkan kerja sama antarkecabangan dalam operasi serangan.

Baca juga: Momen Andika dan Dudung Kompak Bersama Prabowo
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)