Sejarah Penyematan 1 Oktober Sebagai Hari Kesaktian Pancasila

Jum'at, 30 September 2022 - 16:45 WIB
loading...
Sejarah Penyematan 1 Oktober Sebagai Hari Kesaktian Pancasila
Hari Kesaktian Pancasila biasa diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hari Kesaktian Pancasila biasa diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Dalam riwayatnya, hari tersebut menjadi salah satu yang paling bersejarah bagi perjalanan bangsa Indonesia.

Pada sejarah penyematan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, seringkali dikaitkan dengan peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI .

Baca juga : Hari Kesaktian Pancasila

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, seperti yang diketahui kala itu 6 Jenderal dan 1 Perwira Angkatan Darat menjadi korban penculikan dan pembunuhan yang diduga didalangi PKI.

Adapun tujuan penculikan tersebut diketahui sebagai bagian dari upaya melakukan kudeta dan mengganti ideologi Pancasila dengan komunis. Namun, pada akhirnya upaya tersebut gagal dan Pancasila sekali lagi menunjukan kesaktiannya.

Disadur dari jurnal berjudul Peristiwa G-30S/PKI Di Balik Penetapan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 1965 karya Fitri Yanti, sejarah telah membuktikan bahwa ampuhnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam menghadapi berbagai serangan dari pihak yang anti Pancasila.

Tercatat, sejak proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, telah terjadi cukup banyak pemberontakan yang berusaha mengusik kedudukan Pancasila. Sebut saja seperti Pemberontakan DI/TII, Pemberontakan PRRI/Permesta, Pemberontakan PKI Madiun 1948, hingga Pemberontakan G30S/PKI.

Baca juga : Hari Kesaktian Pancasila: Pengukuhan Ideologi Negara

Dari sekian banyak upaya pemberontakan tersebut, salah satu ujian terberat adalah kala meletusnya peristiwa G30S/PKI.
Akan tetapi, dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan pergerakan pejuang bangsa kala itu, pada 1 Oktober 1965 muncul manifestasi dari seluruh kekuatan dan kesaktian Pancasila yang bersumber dari kepercayaan rakyat Indonesia.

Uniknya, setiap kali muncul rongrongan dari berbagai pihak yang menuju Pancasila, bangsa Indonesia selalu bisa menumpas segala bentuk pemberontakan yang bertujuan melengserkan Pancasila dari dasar negara.

Selain itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober ini juga ditujukan untuk mengabadikan pengorbanan Pahlawan Revolusi dalam menghadapi teror G30S/PKI.

Selain untuk mengingat jasa para pahlawan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga ditujukan kepada dunia sebagai bentuk perjuangan para pahlawan dan semua masyarakat yang terlibat dalam mempertahankan dan menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1072 seconds (10.177#12.26)