Caketum Hipmi Akbar Himawan Dorong Mahasiswa UI Jadi Pengusaha

Rabu, 28 September 2022 - 17:56 WIB
loading...
Caketum Hipmi Akbar Himawan Dorong Mahasiswa UI Jadi Pengusaha
Calon Ketua Umum Hipmi Akbar Himawan Buchari memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( Hipmi ) Akbar Himawan Buchari memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Dalam kuliah umum bertema 'Raih Cumlaude Itu Biasa, Jadi Pengusaha Itu Luar Biasa', Akbar memaparkan pentingnya kolaborasi dalam membangun dunia usaha.

Menurut Akbar, tantangan saat ini dan ke depan sangatlah berat. Dunia sedang berada di fase ketidakpastian akibat pandemi dan perang.

"Dua tahun lebih kita berkutat dengan persoalan pandemi Covid-19 yang dampaknya sangat destruktif. Dunia mengalami perubahan secara drastis. Ekonomi kita melemah, bahkan terjun bebas di angka yang mengkhawatirkan, dan hal itu terjadi di hampir semua negara," kata Akbar saat memberi paparan bagi peserta Hipmi Talk di Auditorium Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa), Rabu (28/9/2022).

Belum selesai pandemi Covid-19, geopolitik dunia dihadapkan pada perang Rusia-Ukraina serta perang dagang yang melibatkan China dan Taiwan yang belum diketahui kapan akan berakhir. Menurutnya, salah satu cara agar bisa bertahan di tengah krisis ini adalah dengan membangun ekosistem ekonomi secara berjenjang dan berkelanjutan dengan pendekatan kaderisasi yang terstruktur sistematis dan masif.

"Mahasiswa UI memiliki peran signifikan lewat Hipmi Perguruan Tinggi dalam membangun dunia usaha di Indonesia yang lebih prospektif dan menjanjikan," ucap Akbar.

Sebagai pengusaha yang merangkak dari bawah, Akbar optimistis masa depan dunia usaha di Indonesia akan kembali bangkit (reborn). Optimisme itu diungkapkannya ketika melihat antusiasme peserta Hipmi Talk yang hadir dan mau berkolaborasi ide dan gagasan.

"Kalau kita melihat data, ada tren kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional di dua triwulan terakhir, dari 5,01% menjadi 5,44%," katanya.

Perekonomian Indonesia tumbuh impresif sebesar 5,44% (YoY) pada Triwulan 2 tahun 2022 dan secara triwulanan, ekonomi nasional tumbuh 3,73% (QoQ). Bahkan PDB harga konstan jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi yakni sebesar Rp2.924 triliun. Capaian ini menandakan tren pemulihan ekonomi Indonesia terus berlanjut dan semakin menguat.

Melihat dinamika ini, Akbar memberi tantangan kepada seluruh peserta yang hadir untuk menjadi bagian dari pengusaha muda Indonesia yang sukses dan mau melewati tantangan ini bersama.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum Hipmi Perguruan Tinggi Universitas Indonesia Muhammad Rizky Lahadalia. "Indonesia akan mendapat bonus demografi di 2045 bersamaan dengan momentum Indonesia emas. Ini kesempatan yang baik buat generasi muda saat ini untuk menjadi enterpreneur sukses," kata Rizky.

Senada dengan Akbar dan Rizky, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Teguh Dartanto mengatakan, tantangan dunia ke depan semakin kompleks. Untuk itu, dia menekankan pentingnya kerja sama atau kolaborasi di semua sektor, baik junior dengan senior maupun dengan pemerintah sebagai regulatornya.

"Saya berharap Hipmi PT UI bisa menjadi wadah yang produktif dan menjanjikan bagi lahirnya wirausaha-wirausaha muda yang tangguh dan mumpuni di masa-masa tersulit sekali pun," katanya.

Peraih beasiswa Monbukagakusho yang sukses meraih gelar Master of Economics dari Hitotsubashi University dan gelar PhD International Development dari Nagoya University itu juga berharap ke depan akan lahir pengusaha-pengusaha muda di Tanah Air lebih banyak lagi, sehingga Indonesia bisa menggeser posisi Singapura, Malaysia, dan Thailand yang selama ini mendominasi Asia Tenggara.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)