Menag Yaqut Luncurkan Tema dan Logo Hari Santri 2022, Ini Maknanya

Rabu, 28 September 2022 - 16:10 WIB
loading...
Menag Yaqut Luncurkan Tema dan Logo Hari Santri 2022, Ini Maknanya
Tema dan logo peringatan Hari Santri 2022. FOTO/DOK.KEMENAG
A A A
JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan tema dan logo peringatan Hari Santri 2022. Hari Santri tahun ini mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Tema dan logo yang diluncurkan memiliki makna mendalam. Menag Yaqut menjelaskan, tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan mengandung pesan agar santri mempunyai pribadi yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidup untuk bangsa dan negara. Santri dalam kemampuannya bisa menjadi apa saja yang diingini termasuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Meski bisa menjadi apa saja, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Menjaga martabat kemanusiaan adalah salah satu tujuan diturunkannya agama," kata Yaqut dalam keterangannya, Rabu (28/9/2022).



"Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," katanya.

Logo Hari Santri jugaa mempunyai sejumlah makna. Berikut ini rinciannya:

1. Merangkul
Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. Ini bermakna melindungi, memberikan empati, dan kepedulian.

Baca juga: Menag Yaqut Luncurkan Peringatan Hari Santri 2022: Lawan Benci dengan Prestasi!

2. Jabat Tangan
Mengandung makna keakraban dalam setiap pertemuan, saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antarmanusia dengan manusia yang lain.

3. Daun
Daun hijau tidak hanya mengandung makna kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga harapan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)