Wapres: Shinzo Abe Berjasa Tingkatkan Hubungan Indonesia-Jepang

Selasa, 27 September 2022 - 14:28 WIB
loading...
Wapres: Shinzo Abe Berjasa Tingkatkan Hubungan Indonesia-Jepang
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mewakili pemerintah Indonesia menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan. Foto: Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mewakili pemerintah Indonesia menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/9/2022). Wapres mengatakan Shinzo Abe memiliki peran penting dalam meningkatkan hubungan Indonesia dengan Jepang.

“Sehingga hubungan itu menjadi mitra strategis dan mempererat hubungan persahabatan yang lebih akrab antara masyarakat Indonesia dan Jepang,” kata Wapres dalam keterangan yang diterima.

Untuk itu, kunjungannya ke Jepang kali ini selain untuk memberikan penghormatan pada prosesi pemakaman kenegaraan Shinzo Abe, juga untuk meningkatkan hubungan yang lebih erat serta menindaklanjuti berbagai bentuk kerja sama yang telah disepakati kedua negara.

Wapres: Shinzo Abe Berjasa Tingkatkan Hubungan Indonesia-Jepang






“Terutama hal-hal yang memang sudah ada kesepakatan-kesepakatan ketika Presiden Joko Widodo hadir di Tokyo pada Juli lalu,” imbuhnya.

Wapres pun menegaskan sejauh ini Jepang memang merupakan mitra penting Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi. “Karena itu kita ingin meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi dalam berbagai bentuk kerja sama yang lebih konkret,” ujarnya.

Dia memberikan contoh penguatan kerja sama ekonomi Indonesia-Jepang, khususnya terkait penandatanganan Protokol Perubahan IJEPA (Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement) pada KTT G20 di Bali pada November mendatang. “Kemudian juga masalah investasi, perluasan investasi, realisasi perluasan investasi dan investasi baru senilai 5,2 miliar USD, kita harapkan segera diselesaikan,” ungkapnya.

Wapres: Shinzo Abe Berjasa Tingkatkan Hubungan Indonesia-Jepang


Selain itu, kata Wapres, melalui kehadirannya di Tokyo saat ini diharapkan berbagai kesepakatan proyek-proyek strategis khususnya proyek infrastruktur dapat juga segera direalisasikan. “Termasuk juga penyelesaian hambatan komoditi ekspor pertanian dan perikanan Indonesia, ada beberapa hal yang sudah disepakati dan kemarin juga direspons (oleh PM Fumio Kishida),” ucapnya.

Dirinya juga akan terus mendorong kerja sama potensial dalam bidang ekonomi syariah dan industri halal. Utamanya, kata dia, di sektor-sektor unggulan seperti makanan, kosmetik, fesyen, dan pariwisata halal.

Khusus untuk pariwisata halal, kata Wapres, Indonesia siap untuk bermitra bahkan menjadi mitra utama Jepang. Menurutnya, Indonesia akan membantu dalam penyusunan standar destinasi wisata ramah muslim di Jepang beserta sertifikasi halalnya.

“Itu beberapa hal dan (masih) banyak hal lain termasuk (masalah) energi yang akan ditindaklanjuti,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)