Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Pemakaman Shinzo Abe di Tokyo

Selasa, 27 September 2022 - 13:35 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Hadiri Pemakaman Shinzo Abe di Tokyo
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menghadiri pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, Selasa (27/9/2022). FOTO/SETWAPRES
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, Selasa (27/9/2022). Shinzo Abe meninggal ditembak saat berkampanye di Kota Nara pada 8 Juli 2022 lalu.

"Saya sekarang bersiap-siap untuk menghadiri upacara pemakaman mantan Perdana Menteri Shinzo Abe," kata Wapres melalui keterangan video yang diterima, Selasa (27/9/2022).

Kehadiran wapres mewakili pemerintah mengingat Jepang merupakan mitra strategis bagi Indonesia di berbagai bidang, utamanya ekonomi. Selain itu, Abe merupakan tokoh yang berperan penting dalam meningkatkan hubungan Indonesia dengan Jepang.



"Sehingga hubungan itu menjadi mitra strategis dan mempererat hubungan persahabatan yang lebih akrab antara masyarakat Indonesia dan masyarakat Jepang," kata Ma'ruf Amin.

Wapres mengatakan pemerintah ingin terus meningkatkan hubungan erat dengan Jepang dalam berbagai bidang. Seperti mengemuka saat pertemuan Wapres dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, Senin (26/7/2022).

"Kita ingin meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi dalam berbagai bentuk kerja sama yang lebih konkret, terutama hal-hal yang memang sudah ada kesepakatan-kesepakatan," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu juga melakukan beberapa kesepakatan di antaranya penandatanganan Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) untuk Konferensi Tingkat Tinggi G20 pada November mendatang.

Baca juga: Isi Surat Tersangka Pembunuh Shinzo Abe Diungkap Media

"Presiden Jokowi juga hadir di Tokyo pada Juli yang lalu seperti misalnya penandatanganan protokol perubahan IJEPA untuk KTT G20 bulan November nanti. Itu ada beberapa, di mana Jepang akan mengambil bagian dan mendukung seperti kemarin disampaikan juga oleh Perdana Menteri (Fumio)," katanya.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1014 seconds (10.55#12.26)