Mengenal Tingkatan Kedudukan dan Jabatan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta

Senin, 26 September 2022 - 16:53 WIB
loading...
Mengenal Tingkatan Kedudukan dan Jabatan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta
Abdi Dalem bisa diartikan sebagai pelaksana operasional di setiap organisasi yang dibentuk Sultan di Keraton. Foto DOK keraton jogja
A A A
JAKARTA - Abdi Dalem bisa diartikan sebagai pelaksana operasional di setiap organisasi yang dibentuk Sultan di Keraton. Abdi merupakan kata dasar dari ‘mengabdi’, sedangkan dalem atau ndalem diartikan untuk penyebutan Sultan (Raja).

Dikutip dari laman Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Abdi Dalem dikenal sebagai aparatur sipil di keraton, sedangkan para prajurit keraton menjadi aparatur militernya. Untuk diketahui, sebelumnya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat diproklamasikan pada 13 Maret 1755.

Baca juga : Kisruh Keraton Kasepuhan Cirebon, Abdi Dalem Dukung Perubahan Tahta

Lebih lanjut, ciri khas yang dimiliki Abdi Dalem Keraton Yogyakarta terletak pada pakaiannya yang disebut ‘peranakan’. Abdi Dalem Yogyakarta terdiri dari Punakawan dan Keprajan. Punakawan berasal dari kalangan masyarakat umum dan terbagi menjadi dua golongan, yakni Punakawan Tepas dan Punakawan Caos.

Sedangkan Abdi Dalem Keprajan berasal dari Pegawai Negeri Sipil, TNI, Polri yang diterima atau diangkat menjadi Abdi Dalem. Biasanya golongan ini memiliki orang-orang yang telah memasuki masa pensiun dan mengabdikan dirinya untuk keraton secara sukarela.

Sama halnya dengan lembaga atau instansi tertentu, Abdi Dalem keraton juga memiliki struktur organisasinya sendiri. Untuk bisa menjadi seorang Abdi Dalem, orang tersebut harus magang terlebih dahulu selama dua tahun, sebelum nanti akhirnya diwisuda dan diangkat.

Berikut jenjang kedudukan dan jabatan Abdi Dalem di Keraton Yogyakarta.

-Jajar
-Bekel Anom
-Lurah
-Panewu
-Wedono
-Riya Bupati
-Bupati Anom
-Bupati Sepuh
-Bupati Kliwon
-Bupati Nayoko
-Pangeran Sentana

Baca juga : Kesaktian Sultan Agung, Mampu Kendalikan Makhluk Gaib Jadi Abdi Dalem

Kenaikan pangkat seorang Abdi Dalem diurus oleh Parentah Hageng. Parentah Hageng ini memiliki kewenangan untuk mengangkat, menaikkan pangkat dan mempensiunkan seorang Abdi Dalem.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1328 seconds (10.177#12.26)