7 Kekayaan Alam Kotawaringin Barat yang Dilindungi, 1 Sudah Mendunia

Minggu, 25 September 2022 - 23:45 WIB
loading...
7 Kekayaan Alam Kotawaringin Barat yang Dilindungi, 1 Sudah Mendunia
Wakil Ketua Peduli Lingkungan Hidup DPW Pemuda Perindo Kalimantan Tengah Suriansyah dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Minggu (25/9/2022). Foto: Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Setiap daerah di Indonesia selalu memiliki destinasi wisata atau kekayaan alam yang selalu dipamerkan untuk menarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Salah satu daerah itu adalah Kotawaringin Barat , Kalimantan Tengah.

Wakil Ketua Peduli Lingkungan Hidup DPW Pemuda Perindo Kalimantan Tengah Suriansyah mengatakan sejumlah kekayaan alam maupun wisata yang dimiliki oleh Kotawaringin yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya di Indonesia. Misalnya yang menjadi kebanggaan adalah tujuh wilayah yang dilindungi.

"Kekayaan alam yang dimiliki oleh Kotawaringin tidak ada duanya di Indonesia. Kita punya tujuh wilayah lindung," kata Suriansyah dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Minggu (25/9/2022).





Dia mengungkapkan tujuh wilayah lindung tersebut adalah Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Wisata Alam Tanjung Keluang, Taman Laut Gosong Senggora, Hutan Suaka Margasatwa, Hutan Lindung, Hutan Kemasyarakatan, dan Hutan Raya Rawa Kuno.

"Di antara tujuh itu, baru Tanjung Puting yang mendunia. Jadi selain itu belum maksimal," jelasnya.

Selain tujuh daerah lindung, masih adanya satu Kesultanan Daerah Kotawaringin yang berdiri sejak 1673. Dia menilai individu maupun pemerintah secara aktif harus mendukung sosialisasi pentingnya fauna dan flora yang ada di bumi ini.

Hal itu perlu dilakukan untuk mempertahankan atau menanami kembali hutan yang mulai rusak. "Kotawaringin Barat tidak begitu mengkhawatirkan apalagi hutan mangrove. Kita punya 156 km garis pantainya ditumbuhi hutan mangrove dan sedikit hutan cemara. Masih sangat terjaga," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)