GP Mania Dukung Prabowo Jika Ganjar Tak Dapat Tiket Capres, Pengamat: Kinerja dan Kesetiaan Terbukti

Minggu, 25 September 2022 - 10:59 WIB
loading...
GP Mania Dukung Prabowo Jika Ganjar Tak Dapat Tiket Capres, Pengamat: Kinerja dan Kesetiaan Terbukti
Sikap GP Mania dinilai sebagai cerminan posisi Presiden Jokowi menghadapi Pilpres 2024. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) menyatakan akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jika Ganjar tak dipilih PDIP menjadi calon presiden (capres) dalam kontestasi Pilpres 2024 . Pertanda apakah ini?

Menurut peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro, pernyataan Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer tersebut merupakan sinyal yang jelas soal kecenderungan arah dari dukungan Presiden Joko Widodo kepada Prabowo.

“Sebagai salah satu relawan utama Joko Widodo dalam dua pemilihan presiden terdahulu tentu saja tidak mungkin apa disampaikan oleh GP Mania tersebut tanpa terlebih dahulu dikomunikasikan dengan Presiden Jokowi,” ujar Bawono, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Bila Ganjar Tak Dapat Tiket Capres 2024, GP Mania: Kami Dukung Prabowo yang Berintegritas dan Bersih

Memberikan endorse kepada Prabowo, menurut Bawono, merupakan pilihan politik rasional bagi Jokowi.
“Meski pernah menjadi rival presiden Jokowi pada dua pemilihan presiden tapi Prabowo telah membuktikan kinerja dan kesetiaan terhadap presiden selama menjadi menteri pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin,” jelasnya.

Selain itu, menurut hasil temuan survei Indikator sepanjang tahun lalu dan juga di tahun ini Prabowo selalu masuk dalam tiga besar bakal calon presiden dengan elektabilitas dua digit tinggi selain Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

“Kalau merujuk hasil survei Indikator Politik Indonesia tingkat popularitas Prabowo sudah di atas 96 persen hampir 100 persen. Itu berarti hampir seluruh pemilih di Indonesia mengenal Prabowo,” kata dia.

Selain memiliki tingkaat elektabilitas baik Prabowo juga memiliki Partai Gerindra partai politik terbesar kedua hasil pemilu tahun 2019 sebagai kendaraan politik.

”Koalisi antara Partai Gerindra dan PKB akan semakin memuluskan langkah mantan pangkostrad itu memperoleh tiket pencalonan pemilihan presiden 2024,” ujar Bawono.

Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2208 seconds (11.210#12.26)