Cari Barang Bukti Kasus Hakim Agung, KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Jum'at, 23 September 2022 - 15:24 WIB
loading...
Cari Barang Bukti Kasus Hakim Agung, KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung
KPK menggeledah Gedung Mahkamah Agung untuk mencari barang bukti terkait kasus suap yang menjerat Hakim Agung Sudradjat Dimyati. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) membenarkan adanya penggeledahan di Gedung Mahkamah Agung RI, Jumat (23/9/2022).

Penggeledahan tersebut berkaitan dengan kasus pengurusan perkara yang melibatkan Hakim Agung Mahkamah Agung, Sudrajad Dimyati dan beberapa panitera yang berada di Mahkamah Agung.

"Benar, hari ini Jumat (23/9/2022) Tim Penyidik KPK melaksanakan penggeledahan, di antaranya berlokasi di gedung MA RI," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: KY Akan Periksa Hakim Agung Sudrajad Dimyati

Menurutnya, penggeledahan sendiri masih terus berlangsung hingga saat ini untuk mencari barang bukti lainnya. "Kegiatan saat ini masih berlangsung dan nantinya kami akan kembali menginformasikan perkembangannya," tegasnya.

Baca juga: KPK Tetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap di MA

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengumumkan penetapan 10 orang menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara. Salah satu tersangka ialah Hakim Agung Sudrajad Dimyati.

"Terkait sumber dana yang diberikan YP dan ES pada Majelis Hakim berasal dari HT dan IDKS. Jumlah uang yang kemudian diserahkan secara tunai oleh YP dan ES pada DY sejumlah sekitar SGD 202.000 (ekuivalen Rp2,2 miliar) yang kemudian oleh DY dibagi lagi dengan pembagian DY menerima sekitar sejumlah Rp250 juta, MH menerima sekitar Rp850 juta, ETP menerima sekitar Rp100 juta dan SD menerima sejumlah Rp800 juta yang penerimaannya melalui ETP," kata Firli.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1685 seconds (11.252#12.26)