7 Gubernur Raih Anugerah KDI 2022 MNC Portal Indonesia, Ini Prestasinya

Kamis, 22 September 2022 - 23:15 WIB
loading...
7 Gubernur Raih Anugerah KDI 2022 MNC Portal Indonesia, Ini Prestasinya
Suasana penyerahan penghargaan anugerah KDI 2022 MNC Portal di Semarang, Kamis (22/9/2022). Foto: MPI/Angga Rosa
A A A
SEMARANG - Sebanyak tujuh gubernur mendapat anugerah Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 MNC Portal Indonesia ( MPI ). Mereka mendapatkan penghargaan tersebut setelah berhasil mengembangkan dan membangun daerah dengan inovasi dan terobosan yang telah dilakukan.

Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. Para gubernur ini, mendapat anugerah KDI 2022 kategori pelayanan publik.

Kemudian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang mendapat anugerah KDI 2022 kategori ekonomi. Adapun peraih anugerah KDI 2022 MNC Portal Indonesia kategori pariwisata yaitu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Penghargaan KDI 2022 diberikan kategori pelayanan publik diberikan kepada Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dengan inovasi Sipelanduk Kilat Smart.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berhasil menciptakan sistem pelayanan administrasi kependudukan di wilayah pedalaman dan perbatasan yang disingkat Sipelanduk Kilat.

Selain itu, Pemprov Kalimantan Utara juga menyediakan layanan terpadu yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama serta Kemenag untuk mendapatkan informasi mengenai sidang Isbat, penerbitan buku nikah dan berbagai dokumen lainnya. Melalui inovasi ini, masyarakat pedalaman bisa mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dengan lebih efektif, efisien dan bebas pungli.

Sedangkan inovasi yang dibuat Pemprov Kalimantan Tengah yang nahkodai Gubernur Sugianto Sabran yakni, Tokokaltengberkah.com. Pemprov Kalimantan Tengah bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) berhasil meluncurkan produk e-Commercetokokaltengberkah.com.

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 300 perajin, pelaku usaha kecil dan menengah serta UMKM telah masuk dalam binaan Dekranasda. Inovasi ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mendorong pelaku UKM agar bisa memperluas jaringan pemasaran secara online, baik dalam skala lokal, nasional hingga internasional.



Kemudian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendapat anugerah KDI 2022 kategori ekonomi atas inovasi Eko-Tren. Ini merupakan program pengembangan ekonomi masyarakat berbasis pesantren dengan konsep one pesantren, one produk. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tiga pilar. Yakni, pemberdayaan pesantren, pesantren preneur dan alumni sosiopreneur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3158 seconds (0.1#10.140)